PSSI Gelar Sayembara Desain Jersey Timnas Indonesia, Bakal Dipakai Lawan Australia

Logo Timnas Sepak Bola Indonesia di Jersey baru Timnas Indonesia
Sumber :
  • dok. Erspo

Jakarta, VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), melalui PT Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) bersama Erspo resmi menggelar sayembara atau kompetisi desain untuk jersey terbaru Timnas Indonesia.

Terpopuler: Justin Hubner Akhirnya Dimainkan Wolves, Respons PSSI Usai Marselino Ditendang Pemain Myanmar

Program ini mengundang partisipasi aktif dari para suporter Timnas Indonesia, mulai dari proses pembuatan desain hingga tahap pemilihan melalui sistem polling online.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam konferensi pers yang berlangsung di kantor Erspo, FX Lantai 7, Jakarta pada Selasa, 10 Desember 2024.

PSSI Anggarkan Rp665 Miliar untuk Program 2025, Erick Thohir: Untuk Timnas Indonesia Rp350 Miliar

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga menekankan bahwa sayembara untuk membuat jersey Timnas Indonesia ini baru pertama kali dilakukan di Tanah Air.

Ada Buffon dan Figo, Ini 26 Pemain untuk TC Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2025

“Dengan desain dari fans sendiri, jersey ini akan menjadi simbol kebanggaan yang dikenakan para pemain di lapangan hijau,” ujar Arya dikutip dari laman resmi PSSI.

Proses pengembangan jersey terbaru Timnas Indonesia ini nantinya akan dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama, yaitu kompetisi desain pola jersey, akan berlangsung pada 11-16 Desember 2024.

Selanjutnya, desain yang lolos seleksi akan mengikuti proses voting online yang dijadwalkan pada 20-22 Desember 2024.

Desain pola jersey yang diajukan harus berlandaskan tema ‘Keberagaman’, yang mencerminkan semangat persatuan serta kekayaan budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Melalui PT GSI dan Erspo, PSSI berharap kompetisi ini dapat mempererat hubungan antara Timnas Indonesia dan para penggemarnya.

Peluncuran jersey Timnas Indonesia

Photo :
  • Dok. Kemenpora

“Dengan melibatkan suporter Timnas Indonesia dalam proses kreatif ini, jersey yang dihasilkan tidak hanya berfungsi sebagai identitas pemain di lapangan, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan bangsa,” kata Arya.

Sementara itu, CEO Erspo, Sadad menjelaskan bahwa tujuannya digelar sayembara ini adalah untuk mencerminkan aspirasi dan kreativitas publik, sekaligus merespons antusiasme besar terhadap Skuad Garuda yang diharapkan mampu melangkah ke Piala Dunia 2026.

“Meski tim internal Erspo sudah menyiapkan desain dan memastikan kualitas produk, keterlibatan masyarakat diharapkan dapat menyempurnakan hasil akhir jersey ini, sehingga menjadi simbol kebanggaan Bersama,” kata dia.

Jersey yang dihasilkan dari sayembara ini dijadwalkan untuk diperkenalkan kepada publik pada tahun 2025 dan akan digunakan dalam berbagai ajang kompetisi internasional mendatang, termasuk saat menghadapi Australia di laga lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya