Tidak Kuat Dibully Netizen Indonesia, Wasit Ahmed Al Kaf Hapus Akun Instagram

wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • X

Jakarta, VIVA – Wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, menjadi sorotan tajam dan bahan olokan publik internasional menyusul sejumlah keputusan kontroversial yang dibuatnya saat memimpin pertandingan antara Timnas Bahrain dan Timnas Indonesia.

Respons AFC Usai PSSI Layangkan Protes Wasit di Laga Bahrain Vs Timnas Indonesia

Laga tersebut digelar pada Kamis malam, 10 Oktober 2024, sebagai bagian dari matchday ketiga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C.

Keputusan-keputusan yang dibuat Al Kaf selama pertandingan menjadi pemicu kemarahan dari banyak netizen, terutama dari Indonesia.

Wasit Ahmed Al Kaf Jadi Bahan Ejekan Global Usai Timnas Indonesia vs Bahrain yang Penuh Kontroversi

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 2-2, namun hasil ini menimbulkan polemik besar. Timnas Indonesia, yang sempat memimpin hingga masa injury time, harus rela berbagi angka setelah Bahrain berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit-menit terakhir.

Gol tersebut terjadi pada menit ke-90+9, meskipun awalnya waktu tambahan yang diumumkan hanya enam menit. Keputusan untuk melanjutkan permainan hingga menit ke-99, hal tersebut menuai protes keras dari suporter Indonesia.

Duel Timnas Indonesia Vs China Kembali Dipimpin Wasit Timur Tengah

Para netizen Indonesia langsung meluapkan kekecewaannya di media sosial, terutama di unggahan terakhir akun Instagram milik Ahmed Al Kaf.

Akun tersebut awalnya memiliki 27 ribu pengikut, namun jumlah ini mengalami fluktuasi drastis seiring bertambahnya komentar dari netizen.

wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia

Photo :
  • X

Sebuah video yang beredar di akun @lambeturah_official menunjukkan bagaimana jumlah pengikut akun Instagram Al Kaf menurun dari 27 ribu menjadi 20 ribu, sebelum akhirnya melonjak kembali menjadi 30 ribu.

Namun, tak lama setelah itu, akun Instagram sang wasit mendadak hilang dari platform. Diduga kuat, Al Kaf memutuskan untuk menonaktifkan akun Instagramnya setelah menerima gelombang besar kritik dari netizen Indonesia.

Dari pantauan VIVA, akun Instagram Ahmed Al Kaf dinonaktifkan pada Minggu, 13 Oktober 2024, hanya beberapa hari setelah pertandingan kontroversial tersebut.

Keputusan untuk menonaktifkan akun tersebut tampaknya diambil setelah hujatan dari netizen Indonesia semakin tak terbendung. Banyak yang menyalahkan Al Kaf atas hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia dalam pertandingan tersebut.

Sebelum akun Instagram-nya menghilang, unggahan terakhir Al Kaf dipenuhi oleh ribuan komentar dari netizen Indonesia. Berbagai kata-kata kasar hingga ejekan turut menghiasi kolom komentar, membuat suasana di media sosial menjadi semakin panas.

"Terima kasih wasit, sudah hancurkan harapan bangsa. Semoga tidak jadi wasit lagi!" tulis seorang netizen.

"Sengaja ya nambah waktu? Wasit terburuk sepanjang sejarah!" tulis netizen yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya