Dunia Sepakbola Gempar, Mantan Pemain Arsenal Selundupkan Ganja Senilai Rp12 Miliar

Jay Emmanuel-Thomas
Sumber :
  • IFTWC

VIVA – Pesepakbola profesional, Jay Emmanuel-Thomas telah didakwa upaya penyelundupan ganja senilai £600.000 atau setara Rp12 Miliar melalui Bandara Stansted, London, Inggris.

Pasukan Gerak Cepat TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan Kokain Sebanyak 84,75 Kg di Pulau Berhala

Striker berusia 33 tahun, yang saat ini bermain untuk tim Liga Skotlandia Greenock Morton, dia ditangkap oleh petugas penegak hukum setempat (NCA).

Mantan produk akademi Livingston, Aberdeen, dan Arsenal, yang tinggal di Cardwell Road di Gourock, ditahan dan diinterogasi oleh petugas, dan telah dikembalikan ke tahanan menjelang sidang.

Bea Cukai Gagalkan Upaya Penyelundupan Ratusan Ribu Benih Lobster Senilai Miliaran Rupiah

Emmanuel-Thomas juga pernah bermain untuk Ipswich Town, Bristol City, Queens Park Rangers dan klub Thailand PTT Rayong.

Penangkapan itu terjadi setelah NCA menyita sekitar £600.000 obat kelas B saat diselundupkan melalui Bandara Stansted pada 2 September.

Penjelasan Ditjen Pas soal Terpidana Mati Hendra Bisa Jual Sabu dari Dalam Lapas Tarakan

Petugas Pasukan Perbatasan mendeteksi sekitar 60 kg narkoba dalam dua koper, yang tiba melalui penerbangan dari Bangkok, Thailand.

Emmanuel-Thomas diperkirakan akan hadir di hadapan Pengadilan Magistrat Carlisle pada hari Kamis 19 September 2024 dengan tuduhan mengimpor obat-obatan kelas B.

Dua wanita berusia 28 dan 32 tahun ditangkap dan diadili di Pengadilan Magistrat Chelmsford. Mereka diberi jaminan untuk hadir di hadapan Pengadilan Chelmsford Crown pada 1 Oktober.

Petugas investigasi senior NCA David Phillips mengatakan: “NCA terus bekerja sama dengan mitra seperti Border Force untuk menargetkan mereka yang terlibat dalam penyelundupan narkoba – termasuk kurir dan penyelenggara.

“Kami mengimbau siapa pun yang didekati untuk terlibat dalam penyelundupan apa pun agar berpikir dengan hati-hati tentang kemungkinan konsekuensi dari tindakan mereka dan potensi risiko yang akan mereka ambil.”

Hal ini terjadi setelah NCA mengeluarkan peringatan kepada para pelancong yang datang ke Inggris dari Thailand, Kanada dan Amerika Serikat bahwa mereka akan menghadapi hukuman penjara jika tertangkap mencoba membawa ganja ke negara tersebut, setelah peningkatan besar dalam jumlah penangkapan.

Sepanjang tahun ini, badan tersebut mengatakan jumlah ganja yang disita lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun 2023.

NCA juga mengatakan para kurir narkoba sering kali melaporkan bahwa mereka diberitahu oleh atasan mereka bahwa mereka hanya akan terkena denda jika tertangkap, padahal kenyataannya hukuman maksimum untuk penyelundupan ganja ke Inggris adalah 14 tahun penjara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya