Mees Hilgers Punya Marga Tombeng dari Manado, Ini Maknanya!

Mees Hilgers , calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia
Sumber :
  • Mees Hilgers / instagram

Jakarta, VIVA – Calon rekrutan baru pemain keturunan Timnas Indonesia, Mees Hilgers, diketahui memiliki marga Tombeng dari Manado, Sulawesi Utara. Marga tersebut didapat dari keturunan sang ibu, Linda Tombeng, yang berdarah asli Indonesia.

Kiper Timnas Indonesia Kartu Merah, Borneo FC Gagal Tumbangkan PSS

Hilgers sejatinya tidak begitu asing dengan Indonesia. Sebab sebagian keluarga besarnya merupakan keturunan dari Negara Kepulauan tersebut.

Ketum PSSI Erick Thohir bersama Mees Hilgers

Photo :
  • Instagram @erickthohir
Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

“Saya juga punya nama (marga) Indonesia, Tombeng. Manado,” ungkapnya dalam wawancara di kanal Youtube KR TV pada 2021 lalu.

Nama Tombeng sendiri ternyata punya makna yang menarik. Menurut jurnal Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, makna Tombeng adalah ‘Secepat Angin’. Ini sekaligus mencerminkan sosok Mees Hilgers sebagai pemain yang andal.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Perlu diketahui, Mees Hilgers merupakan pemain yang jadi sorotan di Indonesia maupun Belanda. Bek berusia 23 tahun itu pernah dinobatkan sebagai pemain yang punya kemampuan tekel sempurna.

Mees Hilgers , calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia

Photo :
  • FC Twente

Dia juga menjadi wakil tunggal klubnya, FC Twente, yang masuk dalam team of the month Eredivisie pada Januari 2022 lalu. Catatan itu menjadi salah satu alasan Mees Hilgers jadi pemain keturunan yang diajukan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sejak lama.

Dia termasuk dalam empat pemain yang dibidik Shin pada 2021 lalu bersama Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Ragnar Oratmangoen. Saat itu Mees Hilgers diharapkan bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2022.

Namun dia batal bergabung dengan Timnas Indonesia karena alasan keluarga. Seiring berjalannya waktu, Mees Hilgers kini langsung diproyeksikan sebagai calon pemain keturunan Indonesia yang akan dinaturalisasi selanjutnya.

Dia telah bertemu dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, pekan ini. Mees Hilgers pun tidak sendiri, proses perpindahan kewarganegaraannya itu berbarengan dengan bek sayap kanan PEC Zwolle keturunan Indonesia, Eliano Reijnders.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya