5 Pemain Timnas Indonesia yang Putuskan Mualaf Selain Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Sepak bola Indonesia tidak hanya menyajikan aksi di lapangan hijau, tetapi juga cerita-cerita inspiratif di balik layar. Salah satunya adalah kisah para pemain yang memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Keputusan untuk berpindah agama adalah langkah besar yang membutuhkan pertimbangan matang. Para pemain sepak bola yang menjadi mualaf memiliki alasan dan motivasi yang berbeda-beda. Ada yang terinspirasi dari lingkungan sekitar, ada pula yang menemukan kedamaian batin dalam ajaran Islam.

Salah satu yang paling dikenal adalah Ragnar Oratmangoen, yang mengaku menemukan kedamaian dan makna hidup dalam Islam.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Ragnar Oratmangoen

Photo :
  • Ragnar Oratmangoen

"Tidak. Saya tidak lahir sebagai seorang Muslim. Saya lahir, dibesarkan, sebagai orang Kristen. Tapi setelah saya tumbuh dewasa, saya menemukan jalan ke Islam," papar Ragnar kepada awak media.

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

"Bagi saya, hal yang saya pelajari tentang Tuhan. Teman-teman saya ketika itu membawa saya ke masjid. Mereka mengajari saya tentang Tuhan dan agama, dan bagaimana agama bisa membantu kehidupan Anda. Itu menyentuh hati saya dan membuat saya memutuskan untuk menjadi seorang Muslim," imbuhnya.

Namun, Ragnar bukanlah satu-satunya pemain sepak bola profesional Indonesia yang memeluk Islam. Berikut ini adalah kisah inspiratif dari beberapa pemain lainnya yang juga memutuskan untuk menjadi mualaf.

1. Erol Iba

Erol Iba (merah)

Photo :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

Erol Iba, pemain asal Papua yang pernah membela Timnas Indonesia, telah memeluk Islam sejak tahun 2002 saat masih bermain untuk Semen Padang. Keputusannya untuk menjadi mualaf menunjukkan bahwa Islam mampu menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang, termasuk dari pelosok negeri.

2. Esteban Vizcarra

Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra (kanan).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Esteban Vizcarra, pemain naturalisasi asal Argentina, memiliki perjalanan spiritual yang menarik. Ia memeluk Islam pada tahun 2012 dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2018. Keputusannya untuk menjadi mualaf dan WNI menunjukkan kecintaannya yang mendalam terhadap Indonesia dan nilai-nilai Islam.

3. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Cristian Gonzales, mantan pemain Timnas Indonesia asal Uruguay, memutuskan untuk menjadi mualaf pada tahun 2003 setelah menikah dengan seorang wanita Indonesia. Sejak saat itu, ia mengubah namanya menjadi Mustafa Habibi dan semakin dekat dengan agama Islam. Uniknya, karier sepak bolanya justru semakin cemerlang setelah menjadi mualaf.

4. Markus Horison

Markus Horison saat latihan bersama timnas di Sawangan,Depok.

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro

Markus Horison, kiper legendaris Timnas Indonesia, juga telah memeluk Islam pada tahun 2004. Keputusannya untuk menjadi mualaf didorong oleh ketertarikannya yang mendalam terhadap ajaran Islam dan keinginannya untuk mencari kedamaian batin.

Diego Michiels

Photo :
  • instagram.com/aremafcofficial

Diego Michiels, mantan bek naturalisasi Timnas Indonesia, telah menjadi mualaf sejak tahun 2013. Meski lahir dan besar di Belanda, ia tumbuh di lingkungan yang mayoritas Muslim dan memiliki banyak teman Muslim. Hal inilah yang membuatnya tertarik pada Islam dan akhirnya memutuskan untuk memeluk agama tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya