6 Pemain Sepakbola Top Dunia yang Memutuskan Menjadi Mualaf

Gelandang Manchester United, Paul Pogba dan Bruno Fernandes
Sumber :
  • Squawka

VIVA – Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia, dengan jutaan penggemar di seluruh penjuru. Di balik gemerlapnya dunia sepak bola, terdapat kisah inspiratif para pemainnya, salah satunya adalah tentang perjalanan spiritual mereka.

Kata Maarten Paes Usai Dipanggil ke Timnas Indonesia

Beberapa pemain sepak bola top dunia telah memutuskan untuk mualaf atau memeluk agama Islam, keputusan ini diambil dengan berbagai alasan, mulai dari pencarian makna hidup, pengaruh keluarga dan lingkungan, hingga ketertarikan terhadap ajaran Islam.

Berikut adalah 6 pemain sepak bola top dunia yang mantap menjadi mualaf:

Misteri Menghilangnya Yance dan Yakob Sayuri dari Timnas Indonesia

1. Paul Pogba

Paul Pogba jalani ibadah umroh

Photo :
  • Instagram @paulpogba
Format Baru Liga Champions 2024-2025, Tidak Ada Fase Grup

Paul Pogba, gelandang Manchester United dan timnas Prancis, memeluk Islam pada tahun 2013. Ia mengikuti jejak sang ibu yang telah menjadi muslimah terlebih dahulu. Pogba sering menunjukkan rasa hormatnya terhadap agama Islam dan aktif dalam kegiatan sosial yang berkaitan dengan komunitas muslim.

“Saya pikir (Islam) telah memberikan sebuah identitas kepada saya. Terkadang, Anda mempertanyakan kehidupan tentang segalanya, ‘Mengapa ini harus terjadi kepada saya, mengapa begini, mengapa begitu?,” kata Pogba.

“Saya pikir Islam telah memberikan saya tuntunan ini, Al-Quran telah memberikan saya sebuah tuntunan, tentang bagaimana bertindak dan mengapa Anda ada di sini dalam kehidupan,” sambungnya.

2. Clarence Seedorf

Clarence Seedorf

Photo :
  • ac milan

Clarence Seedorf, legenda sepak bola Belanda dan mantan pemain AC Milan, Real Madrid, dan Ajax, memeluk Islam pada tahun 2022 setelah menikah dengan seorang muslimah. Seedorf mengungkapkan kekagumannya terhadap agama Islam dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang ajarannya.

"Aku sangat gembira dan senang bergabung dengan semua saudara dan saudariku di seluruh dunia, secara khusus buat Sophia-ku tersayang yang sudah mengajariku tentang makna Islam dengan lebih mendalam," tulis Clarence Seedorf

Mantan bintang Arsenal Nicolas Anelka

Photo :
  • Parismatch.com

Nicolas Anelka, mantan striker timnas Prancis dan klub-klub top seperti Arsenal, Real Madrid, dan Chelsea, memeluk Islam pada tahun 2002. Ia memilih nama baru, Abdul-Salim Bilal, dan dikenal sebagai sosok yang taat beribadah. Anelka mengaku bahwa Islam membantunya menemukan ketenangan dan kedamaian dalam hidup.

Pemain Salernitana, Franck Ribery

Photo :
  • Alessandro Garofalo/LaPresse via AP

Franck Ribery, winger Bayern Munich dan timnas Prancis, memeluk Islam pada tahun 2002 saat masih muda. Ia terinspirasi oleh istrinya, Wahiba, yang telah menjadi muslimah terlebih dahulu. Ribery dikenal sebagai pribadi yang religius dan sering menunjukkan rasa hormatnya terhadap agama Islam.

5. Eric Abidal

Sekretaris Teknik Barcelona, Eric Abidal

Photo :
  • instagram.com/abi22ericabidal

Eric Abidal, mantan bek Barcelona dan timnas Prancis, memeluk Islam pada tahun 2007 setelah mengalami transplantasi hati. Ia merasa bersyukur atas kesempatan kedua dalam hidup dan menemukan kedamaian dalam Islam. Abidal aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, terutama yang berkaitan dengan isu-isu Islam.

“Semua berlangsung alami. Pilihan memeluk agama Islam bukan karena faktor istri saya, tapi sebuah hadiah yang tiba-tiba saja muncul,” terang Abidal, dikutip dari France Football.

“Itu benar-benar terjadi apa adanya. Mengalir begitu saja dan membuat saya merasa bahagia. Saya memeluk Islam dengan keyakinan penuh,” lanjut pemenang dua kali trofi Liga Champions bersama Barcelona tersebut.

6. Thomas Partey

Bintang anyar Arsenal, Thomas Partey

Photo :
  • The Short Fuse

Thomas Partey, gelandang Arsenal dan timnas Ghana, memeluk Islam pada tahun 2012. Ia terinspirasi oleh teman-temannya yang muslim dan merasa tertarik dengan ajaran Islam. Partey sering terlihat melakukan sujud syukur setelah mencetak gol dan dikenal sebagai pribadi yang religius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya