Shin Tae-yong Ungkap Sering Menangis Karena Masyarakat Indonesia, Kenapa?

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan rasa haru dan kagumnya terhadap masyarakat Indonesia. Dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube mantan atlet bisbol Korea Selatan, Yang Joon-hyuk, STY mengaku sering menitikkan air mata karena kebaikan hati masyarakat Indonesia.

Marselino Ferdinan Bisa Duet dengan Jebolan Liverpool Jika Gabung Oxford United

Pernyataan tersebut disampaikan Shin Tae-yong saat menghadiri undangan ke kediaman Song Chang-geun, presiden dan CEO KMK Global Sports Group, di Jakarta.

Dalam acara tersebut, Shin Tae-yong dan sang istri, Cha Young-joo, sempat menghibur tamu dengan menyanyi dan menari yang mendapat sambutan meriah.

Polusi Udara Jakarta Jadi Sorotan Pemain Keturunan Timnas Indonesia

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Momen haru kemudian tersaji saat Shin Tae-yong berbicara di hadapan para warga Korea Selatan yang tinggal di Indonesia. Di sanalah STY mengungkapkan rasa harunya atas sambutan hangat dan dukungan yang diterimanya selama melatih Timnas Indonesia.

Kontrak Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Tinggal Menghitung Hari

"Sebenarnya saya banyak menangis di Indonesia akhir-akhir ini," ungkap STY

 "Karena masyarakat Indonesia memiliki hati yang hangat. Walaupun agak santai, mereka punya perasaan mengalah dan saling memberi satu sama lain," sambungnya.

Laki-laki kelahiran 10 Oktober 1970 itu kemudian membandingkan pengalamannya di Indonesia dengan saat dia melatih di Negeri Gingseng. Di negaranya, Shin Tae-yong mengaku tidak merasakan keramahan dan dukungan seperti yang dia dapatkan di Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

"Di Korea Selatan, meskipun saya adalah pelatih Piala Dunia 2018, tidak ada yang begitu peduli. Jujur saja, memang benar. Namun, ketika saya datang ke Indonesia, saya malah mendapat banyak perhatian, bertemu dengan orang-orang yang baik, presiden, dan lainnya," tutur Shin Tae-yong.

Pengalaman positif di Indonesia ini membuat Shin Tae-yong semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi Timnas Indonesia. Dia berjanji untuk bekerja lebih keras dan berusaha membawa Tim Garuda meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan.

"Saya perlu berbuat lebih baik di Indonesia di masa depan. Dan akan bekerja keras di masa depan," tegas Shin Tae Yong.

Pernyataan STY ini bukan tanpa alasan. Baru saja, dia sukses mengantarkan Timnas Indonesia ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Timnas Indonesia mengamankan satu tiket usai mengalahkan Filipina pada laga terakhir. Hasil tersebut juga membawa Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2027.

Tim Merah Putih bakal menanti daftar lawan pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan diundi pada 27 Juni 2024.

Kebaikan hati dan dukungan masyarakat Indonesia menjadi salah satu faktor penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Hal ini patut diapresiasi dan menjadi motivasi bagi STY untuk terus membawa Timnas Indonesia meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya