Pelatih Venezia Puji Penampilan Solid Jay Idzes

Pemain Venezia, Jay Idzes (kiri)
Sumber :
  • ANTARA/Instagram Venezia

Italia, VIVA – Performa bek-bek Venezia termasuk pemain Timnas Indonesia Jay Idzes dipuji oleh sang pelatih Eusebio Di Francesco setelah mengimbangi Fiorentina 0-0 di Liga Italia Serie A, Minggu 25 Agustus 2024.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Dalam duel tersebut Jay Idzes mencatat sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di Serie A.

"Di kondisi lapangan yang sulit, kami menampilkan permainan yang bagus khususnya di sektor pertahanan, di mana kami fokus dan presisi," ujar Eusebio, dikutip dari laman resmi Venezia, Senin.

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

Pada laga tersebut, Eusebio menurunkan tiga bek tengah sejak menit pertama. Selain Jay Idzes, yang mencatatkan debut di Serie A, ada pula Marin Sverko dan Giorgio Altare.

Solidnya performa mereka di belakang membuat lini serang Fiorentina sulit menciptakan peluang.

Bakat Tersembunyi Calvin Verdonk di Luar Lapangan

Khusus Jay Idzes, Laman Whoscored mencatat, selama berlaga, dia melakukan satu tekel sukses, satu kali intersep, tiga kali halauan bola dan satu kali tembakan melebar ke gawang.

Bek Timnas Indonesia dan Venezia, Jay Idzes

Photo :
  • Instagram/jayidzes

Kemudian, dari akurasi umpan, Jay Idzes menjadi yang terbaik di Venezia dengan persentase 96,2 persen dari 52 operan yang dilepaskan.

Atas pencapaian itu, pemain berusia 24 tahun tersebut diberikan nilai 6,95 (dari skala 10) oleh Whoscored.

Akan tetapi, meski memperlihatkan penampilan positif, Jay Idzes ditarik keluar oleh Eusebio Di Francesco pada menit ke-68 untuk digantikan Michael Svoboda. Eusebio diduga ingin menghindarkan Idzes dari cedera.

"Saya percaya tim ini bisa terus tumbuh karena saya melihat bagaimana mereka berlatih setiap hari dan bagaimana mentalitas mereka ditanamkan oleh klub," kata Eusebio.

Satu poin dari laga versus Fiorentina memperlihatkan peningkatan di Venezia setelah pada laga pekan pertama Serie A mereka ditundukkan tuan rumah Lazio dengan skor 1-3.

Ketika itu, Jay Idzes tidak dapat bermain lantaran masih menjalani sanksi akumulasi kartu kuning

Berikutnya di Serie A, Jumat (30/8), Venezia akan menghadapi tim tamu Torino di Stadion Pierluigi Penzo. Itu menjadi laga kandang pertama Venezia di liga musim ini.

Bertanding di rumah sendiri, Eusebio pun ingin skuadnya menunjukkan pertandingan yang luar biasa.

"Saya berharap fan memenuhi Penzo (Stadion Perluigi Penzo-red)," tutur dia.

Gelandang Venezia Alfred Duncan menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya sudah melupakan laga kontra Fiorentina dan mengalihkan fokus ke Torino.

Menurut Duncan, penting bagi Venezia untuk merebut tiga poin dari pertandingan kandang perdana mereka di Serie A 2024-2025.

"Kami menunjukkan performa solid dan kompak dari menit pertama saat melawan Fiorentina. Namun, kami mulai memikirkan pertandingan kadang pertama kami. Kami harus menampilkan lagi performa yang penting bersama suporter kami," tutur gelandang yang didatangkan Venezia dari Fiorentina pada Juli 2024 itu. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya