Profil Jay Idzes, Pemain Indonesia Pertama yang Main di Serie A

Bek Timnas Indonesia dan Venezia, Jay Idzes
Sumber :
  • Instagram/jayidzes

Italia, VIVA – Jay Idzes menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang bermain di kasta tertinggi sepakbola Italia, Serie A usai terpilih sebagai starter dalam laga Venezia FC vs Fiorentina di Stadio Artemio Franchi, Italia, pada Minggu 25 Agustus 2024.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Dalam matchday kedua Serie A musim 2024-2025 tersebut, pemain 24 tahun itu ditempatkan sebagai bek tengah oleh pelatih Eusebio Di Francesco.

Selain Jay Idzes, belum ada lagi orang Indonesia yang bermain di Serie A. Kini pria yang akrab disapa Bang Jay oleh suporter Garuda itu berhasil memecahkan rekor baru dalam sejarah sepakbola Tanah Air.

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

Jay Idzes debut di Serie A

Photo :
  • Tangkapan layar

Profil Jay Idzes

Bakat Tersembunyi Calvin Verdonk di Luar Lapangan

Bang Jay resmi berstatus warga negara Indonesia (WNI) pada Desember 2023 lalu. Dia menjalani debut di Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam pada Maret 2024.

Pemain kelahiran Mierlo, Provinsi Brabant Utara 2 Juni 2000 ini pertama kali muncul di sepakbola saat bergabung dengan akademi Mifano. Di sana, ia belajar banyak mengenai teknik dasar mengolah kulit bundar.

Jay Idzes, Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Potensinya terus berkembang pesat hingga dilirik pemandu bakat PSV. Kala itu Jay direkrut PSV saat berusia 15 tahun.

Kemampuan Jay terus berkembang pesat saat bermain di akademi PSV. Bisa dikatakan, di sanalah Jay mulai serius merintis karier sebagai pesepakbola dengan tekun mengikuti seluruh proses latihan.

Memiliki fisik yang kuat dan tinggi badan 1,9 meter Jay menjelma jadi pemain belakang kokoh saat berduel dengan lawan. Bukan sekedar jago bola atas, Jay juga punya kemampuan umpan pendek yang top.

Menariknya, meski memiliki kaki panjang, Jay bukan tipikal bek tengah yang hobi melakukan tekel untuk menjegal lawan, melainkan ia memiliki level konsentrasi yang baik untuk membaca arah bola.

Setelah cabut dari PSV pada 2014 silam, Jay pindah ke VVV-Venlo hingga 2016 usai menerima tawaran FC Eindhoven. Jay debut di tim senior pada 2018. Di FC Eindhoven Jay bermain sebanyak 54 kali.

Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes

Photo :
  • Jay Idzes/ instagram

Jay melanjutkan kariernya ke Go Ahead Eagles pada musim 2020-2021, kala itu ia berhasil membawa Eagles promosi ke Eredivisie. Setelah tiga musim, Jay memulai petualangan barunya di Venezia pada musim 2023-2024.

Sejak awal bergabung, Jay telah bermain sebanyak 25 kali di Serie B. Puncaknya, ia berhasil membawa Venezia promosi ke kasta tertinggi sepakbola Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya