Penantian 25 Tahun Oxford United Promosi, Sempat 2 Kali Gagal di Playoff

Oxford United promosi ke Divisi Championship
Sumber :
  • Akun X Oxford United

Inggris – Setelah menanti selama 25 tahun, Oxford United akhirnya berhasil memastikan tiket promosi ke Divisi Championship alias kasta kedua Liga Inggris.

Respons Ketum PSSI Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-16 Bantai Vietnam

Itu setelah klub milik Anindya Bakrie dan Erick Thohir tersebut menundukkan Bolton Wanderers 2-0 dalam final playoff League One 2023-2024 di Stadion Wembley, Sabtu malam 18 Mei 2024.

Terakhir kali Oxford tampil di Championship (dulu bernama Division One) terjadi di musim 1998/99. Saat itu, The Yellows harus terdegradasi ke Division Two (setara League One) lantaran finis di peringkat 23 dengan 44 poin dari 46 pertandingan.

Sebelum Gabung Manchester City, Han Willhoft-King Sempat Ditantang Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Oxford United promosi ke Divisi Championship

Photo :
  • Akun X Oxford United

Semenjak itu, Oxford beberapa kali naik-turun Divisi. Mereka bahkan sempat turun ke kasta 4 pada 2000 hingga 2004 dan 2006 hingga 2016.

Cek Fakta, Shin Tae-yong Diusir Erick Thohir dari Timnas Indonesia

Sejak musim 2016/17, Oxford United berlaga di League One alias kasta ketiga Liga Inggris. Masuknya dua pengusaha Indonesia, Erick Thohir dan Anindya Bakrie pada Februari 2018 sebagai jajaran direksi, mengubah peruntungan Oxford.

Awalnya, Erick dan Anindya menjadi pemilik Oxford United bersama Pengusaha asal Thailand Sumrith 'Tiger' Thanakarnjanasuth dan Pengusaha Vietnam, Horst Geicke. Setelah tahun 2022 berkembang kepemilikannya menguasai 51 persen saham alias saham mayoritas,

Dua Kali Gagal di Playoff
Sebelum promosi di musim ini, Oxford United ternyata sempat dua kali menembus partai playoff. Namun, selalu gagal kembali ke Championship.

Yang pertama di musim 2019/20. Saat itu, League One dihentikan karena pandemi COVID-19. Oxford United yang finis di posisi keempat sebelum liga ditangguhkan mendapatkant tiket ke partai playoff.

Oxford bertemu Portsmouth di semifinal playoff. Duel leg pertama dan kedua berakhir imbang 1-1. Oxford melaju ke final usai menang 5-4 melalui adu penalti.

Oxford United promosi ke Divisi Championship

Photo :
  • Akun X Oxford United

Sayang, Oxford gagal mendapatkan tiket promosi. Di partai final playoff yang digelar di Wembley, mereka takluk 1-2 dari Wycombe Wanderers.

Di musim selanjutnya, Oxford kembali mendapatkan tiket playoff usai finis di posisi keenam League One. Namun, mereka tumbang di semifinal playoff usai kalah 3-6 dari Blackpool secara agregat.

Akhirnya penantian panjang terjawab di musim 2023/24 ini. Oxford tak lagi menyia-nyiakan kesempatan di partai playoff.

Oxford United menekuk Peterborough United dengan agregat 2-1 di semifinal playoff. The U's akhirnya memastikan tiket promosi ke Divisi Championship untuk kali pertama dalam 25 tahun usai menekuk Bolton Wanderers 2-0 di final playoff.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya