Kerap Kali Dicurigai, Manchester City Untung Besar-besaran

Manchester City juara Liga Champions 2022/2023
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

VIVA Bola – Manchester City meraup untung besar-besaran. Mereka kini bukan lagi menjadi tim yang sekadar membuang uang pemilik. Capaian yang membuat klub berjuluk The Citizens bangga.

Hasil Lengkap: Barcelona Masih Sempurna, Inter Milan Nyaris Kalah

Manchester City sepenuhnya didanai oleh investor Uni Emirat Arab. Mereka kerap dicurigai, sehingga menjadi subyek pengawasan keuangan. Bahkan mereka pernah didakwa melanggar Financial Fair Play (FFP).

Sekarang semua itu berubah. Kepala Eksekutif ManCity, Ferran Soriano mengatakan, keuntungan besar yang mereka dapatkan saat ini sangat mudah untuk dijelaskan.

Arsenal Berpesta di Markas Tottenham Hotspur

Manchester City juara Liga Champions 2022/2023

Photo :
  • AP Photo/Francisco Seco

Semua yang ada di dalam tim bekerja keras untuk menjadi lebih baik. ManCity mencatatkan pendapatan pada tahun ini mencapai 700 juta poundsterling atau setara dengan Rp13,4 triliun.

Pep Guardiola Ramal Masa Depan Manajer Ini Bakal Cerah

"Ini adalah rekor Inggris. Kami mungkin nomor satu di Eropa dan juga dunia. Ini terjadi selama dekade terakhir, dan didasarkan pada sepakbola yang kami mainkan," kata Soriano, dikutip dari Mirror.

"Kami memiliki klub sepakbola yang bagus, kami memainkan sepakbola yang sanagt bagus, dan kami berhasil menang," imbuhnya.

Manchester City Juara Piala FA

Photo :
  • Twitter: Manchester City

Dengan semua itu, ManCity terbantu dalam penjualan merchandise. Di musim lalu, mereka penjualan meningkat 80 persen dibanding sebelumnya. Itu yang jadi peningkatakan luar biasa.

"Dan coba tebak sekarang? Dalam beberapa pekan pertama menjelang musim yang akan datang, kami menjual barang dagangan 80 persen lebih banyak lagi," tutur Soriano.

"Empat hari setelah memenangkan Liga Champions, penjualan kami setinggi yang biasanya kami jual dalam sebulan. Ini datang karena kami menang dan memainkan sepakbola yang bagus," imbuhnya.

"Wajar jika lebih banyak orang ingin menonton pertandingan kami, lebih banyak orang ingin membeli merchandise kami, lebih banyak perusahaan ingin mensponsori kami."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya