Cerezo Osaka Juara Asiana Cup 2024, Indra Sjafri Takjub dengan Kualitas Peserta

Cerezo Osaka
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Turnamen internasional U-14 bertajuk Asiana Cup 2024 sukses digelar. Tim asal Jepang, Cerezeo Osaka sukses menjadi juara usai menduduki peringkat pertama dengan mengemas 19 poin.

Pertama Kalinya Bekasi Jadi Tuan Rumah Piala Soeratin U-13


Asiana Cup 2024 digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno dan Lapangan B, Senayan, Jakarta Pusat, pada 24-27 Oktober 2024.

Dalam laga penentuan, Cerezo Osaka berhasil menang dengan skor 3-1 atas tuan rumah, Asiana.

PSSI Bawa-bawa Pemecatan Mancini, Nasib Shin Tae-yong Mulai Terancam di Timnas Indonesia?


Direktur Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita bersyukur ajang ini bisa berlangsung sukses. Dia mengatakan bahwa turnamen usia muda ini diadakan untuk memberikan pengalaman kepada para pesepakbola muda Indonesia.


“Seperti yang saya janjikan, ini menjadi suatu ajang experience gathering untuk anak-anak, ini bisa menambah pengetahuan dan menambah ilmu buat anak-anak,” kata Galih.

PSSI dan Indra Sjafri Dukung Mandiri Media Cup 2024, Viva Group Kirim 2 Tim

"Kapan lagi tim asal Indonesia bisa bermain melawan akademi terbaik di Madrid, Singapura, dan negara-negara lainnya. Jadi kami bangga bisa mengadakan turnamen ini setiap tahun dan berjalan dengan lancar," tambahnya.

Lebih lanjut, Galih membeberkan untuk gelaran Asiana Cup tahun depan kemungkinan akan berpindah Venue . Asiana Cup 2025 direncanakan bakal bergulir di Lapangan Asiana Soccer Academy yang kini tengah dibangun di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

“Iya kita kemarin sudah ground breaking, peletakan batu pertama di fasilitas kita di Sukabumi. Insya allah nanti (Asiana Cup 2025) kalau lihat dari sekarang bulan Mei jadi, paling telat Juni sudah jadi,” beber Galih.

“Dia sana ada fasilitas tempat tinggal, fasilitas ada gym-nya, sauna, ice bath, macam-macam mutakhir dengan dua lapangan internasional size. Artinya kita bisa jadi tuan rumah di sana kalau kita nge-host di sana,” ucanya.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri mengaku takjub permainan tim-tim U-14 yang berlaga di Asiana Cup 2024 sudah mempunyai kualitas dan game plan yang apik.

“Saya melihat kaget usia 14 tahun bermain kaya tadi, saya surprise melihat kualitas permainan atau game plan Asiana dan tim dari Jepang,” kata Indra Sjafri.

Soal gelaran Asiana Cup, Indra Sjafri yang mewakili PSSI memberikan apresiasi tinggi. Pasalnya turnamen sepakbola U-14 internasional ini telah memberikan dampak positif bagi perkembangan sepakbola Indonesia.


“Ya, pertama ini sudah ketujuh kali diadakan kalau tidak salah tapi yang internasional baru tiga tahun terakhir, mewakili PSSI dan juga timnas, kami sangat tertolong output dari event ini, kenapa? karena di Timnas U-17 kemarin itu ada tujuh pemain, berarti ada dampak positif dari turnamen ini,” ujar Indra Sjafri.

“Turnamen yang dilakukan oleh pihak swasta lainnya sangat membantu kami. Jadi PSSI tidak hanya menggulirkan suratin cup, EPA karena kami juga terbantu dengan hadirnya turnamen Asiana ini,” sambungnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya