Alasan Pratama Arhan Mustahil Gabung PSIS, Pemilik Lemparan Maut Itu punya Janji Khusus dengan...

Pratama Arhan dan istrinya, Azizah
Sumber :
  • instagram azizah

VIVA – Pratama Arhan dikabarkan bakal bergabung dengan Semen Padang setelah Liga Korea Berakhir pada November 2024 mendatang.

PSSI Kehilangan Puluhan Miliar Jika AFC Kabulkan Permintaan Bahrain

Arhan saat ini sedang membela klub Korea Selatan, Suwon FC. Klub K-League 1 2024/2025 itu menyisahkan empat pertandingan lagi.  


Saat ini, Suwon FC sedang bertarung bersama lima klub lainnya dalam laga play-off Championship untuk memperebutkan gelar juara K-League 1 2024/2025. 

Asnawi Dikritik Saudara Sebangsa Disayang dan Dipuja Thailand, Port FC Sebut Kapten Timnas Itu...

Kekosongan kompetisi inilah yang tampaknya dimanfaatkan pembina Semen Padang sekaligus mertua Arhan yakni, Andre Rosiade.

Dia kemungkinan akan memboyong Arhan hingga sang pemain mendapatkan tawaran lagi.  Hal tersebut sebagaimana diisyaratkan Andre Rosiade pada media sosialnya. 

Gempar Pesan Berantai FIFA Putuskan Bahrain Kalah WO dari Timnas Indonesia, Benarkah?

Sebenarnya,  Suwon FC sudah menawarkan perpanjangan kontrak, namun belum tentu Pratama Arhan setuju. Pasalnya dalam 34 pertandingan yang sudah dijalani, Pratama Arhan baru memainkan dua laga saja.

Itu pun Pratama Arhan bermain selama tiga menit dalam dua pertandingan tersebut. Sedangkan peluang Pratama Arhan untuk gabung ke Semen Padang cukup besar. 

Ia bisa datang ke Semen Padang pada putaran kedua Liga 1 2024/2025 yang dimulai awal Januari 2025. Apalagi, sang mertua juga memiliki jabatan penting di klub kebanggaan Ranah Minang itu.

“Bagaimana pendukung timnas Indonesia kalau libur dua bulan sebelum masuk ke klubnya musim depan dan untuk menjaga kondisi, Pratama Arhan bermain di Semen Padang?” tanya Andre Rosiade.

Akan tetapi, potensi bergabungnya Arhan ke Semen Padang terbilang mustahil. Pasalnya, dia memiliki perjanjian khusus dengan klub lamanya, PSIS Semarang.

Saat Arhan meninggalkan PSIS menuju Tokyo Verdy pada 2022 lalu, Arhan dan pihak klub setuju bahwa kemana pun sang pemain berkarier di luar negeri, kembalinya akan tetap pada PSIS.

Perjanjian khusus itu diungkapkan oleh Chief Executive Officer (CEO) PSIS Yoyok Sukawi. Dia menyebut, PSIS sama sekali tidak mendapatkan fee saat melepas Arhan ke Tokyo Verdy.

Yoyok Sukawi mengatakan bahwa hal tersebut menjadi bukti komitmen PSIS yang mengutamakan karier Pratama Arhan.

“Hari ini dengan rasa bangga dan senang, kami mengumumkan bahwa wonderkid jebolan Akademi PSIS, Pratama Arhan resmi kami lepas ke klub Jepang Tokyo Verdy,” kata Yoyok Sukawi, dikutip dari laman resmi klub.

"Sesuai komitmen PSIS, Arhan kami lepas tanpa fee satu rupiah pun. Ini demi karier Arhan. Hal ini juga sebuah kebanggaan untuk PSIS karena jebolan akademinya bisa dilirik ke klub Jepang,” ujar Yoyok Sukawi. 

 Lebih lanjut, Yoyok Sukawi mengungkapkan bahwa Pratama Arhan akan tetap menjadi brand ambassador PSIS selama berkarier di luar negeri.

 Langkah tersebut diharapkan bisa membantu mempromosikan nama PSIS Semarang di kancah internasional.  

Selain itu, Pratama Arhan dan sang agen Dusan Bodganovic telah sepakat utuk tetap membela PSIS Semarang jika suatu saat kembali ke Indonesia.

"Arhan selama berada di luar negeri tetap menjadi brand ambassador PSIS dengan harapan mampu mempromosikan nama PSIS di kancah internasional," ungkap Yoyok Sukawi. 

"Tak hanya itu, antara kami PSIS, Arhan, dan agen Arhan telah sepakat mau sejauh mana Arhan bermain di luar negeri, saat kembali ke Indonesia, Arhan kembalinya ke PSIS sebagai rumah yang telah membesarkan Arhan selama ini," tutur Yoyok Sukawi menjelaskan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya