Jokowi Sarankan Stadion Utama Sumut Diserahkan ke PSMS dan PSDS

Presiden RI, Joko Widodo saat meresmikan Stadion Utama Sumut, di Kabupaten Deliserdang.(dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang. VIVA – Presiden RI, Joko Widodo mengarahkan untuk perawatan Stadion Utama Sumut selanjutnya, agar diserahkan kepada klub-klub bola yang ada di Sumut. Karena stadion megah ini, digunakan untuk pembinaan para atlet sepakbola. 

Jokowi Ngaku Belum Beli Tiket Pesawat buat Pulang ke Solo

"Kalau stadion ini bisa, diserahkan kepada klub-klub sepak bola yang ada di Sumut, entah itu PSMS Medan, PSDS Deli Serdang atau yang lainnya agar terawat," ucap Jokowi saat meresmikan Stadion Utama Sumut, di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Selasa sore, 15 Oktober 2024.

Sebagai informasi, stadion ini berkapasitas 25.000 penonton dan menghabiskan Rp587 miliar yang bersumber dari APBN selama proses pembangunan. Oleh karena itu, Presiden menitipkan stadion tersebut kepada pengelola agar dapat dikelola sebaik mungkin.

Transisi Jokowi ke Prabowo Terbaik dalam Sejarah Bangsa Indonesia, Menurut Pengamat

"Sumatera Utara sekarang ini, memiliki stadion yang sangat besar dan sangat mewah. Seperti yang kita lihat pada sore hari ini. Ini kemarin sudah dipakai penutupan PON Sumut dan Aceh. Karena stadionnya baru, kita lihat semuanya baru dan bagus,” kata Presiden.

Jokowi mengingatkan berdasarkan pengalamannya selama ini, banyak fasilitas olahraga yang telah dibangun saat pengelenggaraan PON tidak terawat dengan baik. Oleh karena itu, Presiden mewanti-wanti agar Stadion Utama Sumut dan fasilitas olahraga lainnya dapat terus dirawat dan digunakan.

Menelan Anggaran Rp587 Miliar, Presiden Jokowi Resmikan Stadion Utama Sumut

"Saya sudah lihat, satu, satu, satu, saya lihat semua. Karena tidak ada yang makai, tidak ada yang ngerawat. Jangan sampai kejadian itu terjadi di Sumut," tutur Presiden.

Selain itu, Presiden juga menilai bahwa Stadion Utama Sumatera Utara memiliki bangunan yang megah dan mewah. Usai memberikan sambutan, Presiden langsung meresmikan Stadion Utama Sumatera Utara yang ditandai dengan menekan tombol sirine serta penandatanganan prasasti. 

Kemudian, Presiden juga meninjau sejumlah pemain sepak bola yang tergabung dalam sekolah sepak bola Dispora Sumut yang sedang latihan. Tak ketinggalan, Presiden juga membagikan baju kepada para atlet, anak sekolah dan masyarakat sekitar.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Agus Fatoni mengatakan stadion yang megah dan mewah ini adalah salah satu hasil dari pelaksanaan PON di Sumut. Setelah PON usai, dirinya berkomitmen agar fasilitas olahraga tersebut nantinya akan dikelola sebaik mungkin. 

Presiden Jokowi meresmikan Stadion Utama Sumatera Utara

Photo :
  • Kementerian PUPR

Menurutnya, pengelolaan yang berkelanjutan, dapat dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota, Provinsi atau diserahkan kepada persatuan atau cabang olahraga (Cabor).

"Ini nanti akan dibicarakan. Tentunya kami juga harus menyiapkan bagaimana soal perawatan untuk fasilitas-fasilitas tersebut. Saya berharap setelah PON, seluruh fasilitas tetap terawat dan dipakai," kata Fatoni.

Dalam kegiatan ini turut hadir sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, Pj Bupati Deliserdang, para atlet, tokoh olahraga, dan sejumlah pimpinan OPD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya