Media Asing Sorot Kecurangan Wasit Ahmed Al Kaf: Timnas Indonesia Berduka

wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • X

Jakarta, VIVA – Media asing asal Belanda, Voetbal International turut menyorot keputusan wasit Ahmed Al Kaf dalam laga Bahrain vs Timnas Indonesia di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis 10 Oktober 2024.

Timnas Indonesia Diprediksi Hancurkan China

Dalam pertandingan ketiga Grup C, Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu, Ahmed Al Kaf terang-terangan berbuat curang saat menjalankan perannya sebagai wasit.

Kemenangan Timnas Indonesia yang sudah didepan mata kandas akibat keputusan kontroversial Al Kaf yang tidak menghentikan laga meski tambahan waktu enam menit sudah terlewati.

Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bahrain vs Timnas Indonesia

Photo :
  • The AFC

Buntut dari keputusan itu, pada menit ke 90+9, Timnas Bahrain dapat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol Mohamed Marhoon.

Perbandingan Statistik Timnas Indonesia dengan Timnas China, Unggul Siapa?

Voetbal International turut menyoroti kejanggalan dalam pertandingan ini. Media itu melaporkan keadaan berubah menjadi tidak beres di detik-detik akhir pertandingan.

"Keadaan menjadi tidak beres bagi Indonesia pada menit kesembilan masa tambahan waktu,” tulis media itu, dikutip Selasa, 15 Oktober 2024.

"Wasit awalnya hanya menambah enam menit, namun berubah menjadi sembilan. Di menit-menit terakhir, Marhoon menyamakan skor dan membuat Indonesia berduka,” sambung mereka.

Sebelumnya, dalam pertandingan tersebut, Bahrain berhasil membuka keunggulan lewat gol spektakuler Mohamed Mahroon di menit ke-15. Indonesia membalas lewat gol Ragnar Oratmangoen pada injury time babak pertama.

Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI

Indonesia kemudian menambah keunggulan lewat gol dari luar kotak penalti yang dicetak Rafael Struick pada menit ke-75.

Kontroversi terjadi di akhir pertandingan, Wasit Ahmed Al Kaf ogah meniupkan peluit panjang meski pertandingan sudah berjalan melebihi waktu tambahan yang diberikan selama 6 menit. Akhirnya, Bahrain menyamakan kedudukan pada menit ke-99

Setelah gol kontroversial itu, Al Kaf baru meniup peluit panjang akhir pertandingan. Laga berakhir imbang 2-2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya