Wasit Ahmed Al Kaf Sudah Rencanakan Curangi Timnas Indonesia di Kandang Bahrain?

wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • X

VIVA – Wasit Ahmed Al Kaf menjadi sorotan ketika memimpin laga lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara tuan rumah Bahrain Vs Timnas Indonesia.

Bahrain Jadi Pecundang, Butuh Bantuan Wasit demi Imbang Lawan Timnas Indonesia

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Kamis 10 Oktober 2024 tersebut berakhir imbang dengan skor 2-2.

Bahrain membuka keunggulan pada menit ke-15 melalui tendangan bebas spektakuler Mohamed Mahroon. Namun, Timnas Indonesia mampu menyamakan kedudukan pada pasa injury time babak pertama lewat Ragnar Oratmangoen.

Timnas Indonesia Dirugikan Wasit, PSSI Layangkan Protes ke FIFA

Indonesia mencetak gol kedua di menit ke-75. Rafael Struick yang menjebol gawang Bahrain. Struick mencetak gol dari bola tembakan jarak jauh melengkung. Indonesia berbalik unggul 2-1.

Kontroversi terjadi di akhir pertandingan, Wasit Ahmed Al Kaf tak mau meniupkan peluit panjang meski pertandingan sudah berjalan melebihi waktu tambahan yang diberikan.

Gol Kontroversi, Timnas Indonesia Gagal Menang Lawan Bahrain

Bahrain menyamakan kedudukan pada menit ke-98 saat hanya enam menit waktu tambahan yang diberikan. Tak lama setelah gol kedua Bahrain, Ahmed Al Kaf langsung mengakhiri laga.

Kepemimpinan Ahmed Al Kaf mendapatkan protes keras dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.  Dia melakukan protes dari pinggir lapangan. Bahkan, manajer Timnas Indonesia, Sumarji diganjar kartu merah karena protes.

Seusai pertandingan, para netizen Indonesia pun melancarkan aksinya. Hal ini biasa dilakukan ketika skuad Garuda dirugikan di pentas internasional.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, tak lama setelah memimpin pertandingan, akun media sosial Ahmed Al Kaf  mengunci komentar. Dia seolah tahu para pendukung Timnas Indonesia akan menyerbunya dengan komentar yang menyakitkan. Bahkan tak lama setelah itu menghilang dari perderan.

Gol pada menit akhir bukanlah satu-satunya keputusan Al Kaf yang tuai kontroversi. Hampir sepanjang laga ia memberikan keputusan yang merugikan Timnas Indonesia.

Salah satunya adalah pada menit ke-60. Saat Rafael Struick terjatuh usai didorong bek Bahrain saat berusaha melakukan tendangan voli lalu bola mengenai wasit. Tetapi dia tidak menilai pelanggaran melainkan hanya drop ball atau jump ball.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya