Timnas Malaysia Mulai Ikuti Indonesia

Timnas Malaysia di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

VIVA – Timnas Malaysia kini mulai mengikuti langkah Timnas Indonesia yang menaturalisasi pemain keturunan untuk memperkuat tim.

Indonesia Jadi Anak Emas FIFA, Presiden Federasi Sepakbola Thailand Madam Pang Cemburu

Terbaru, Malaysia baru saja mengurus proses perpindahan warga negara Mats Deijl. Namun, FIFA menolak naturalisasi bek kanan Go Ahead Eagles asal Belanda itu untuk memperkuat Timnas Malaysia. 

Berdasarkan jawaban FIFA, FAM (Federasi Sepakbola Malaysia) menegaskan bahwa Mats Deijl tidak bisa mewakili timnas Malaysia karena darah Malaysianya berasal dari nenek moyangnya (ibu pemain hingga kakek pemain) dan tidak setingkat dengan kakek atau nenek pemain sebagaimana ketentuan oleh FIFA.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Pindah Federasi dari KNVB ke PSSI

Kini, setelah gagal menaturalisasi Mats Deijl, FAM tidak berhenti begitu saja. Mereka ingin menggiatkan pendataan pemain di luar negeri yang memiliki keturunan Malaysia sehingga bisa dinaturalisasi dan membela Harimau Malaya.

Wakil Presiden FAM Datuk Wira Mohd Yusoff Mahadi mengatakan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing Timnas Malaysia di level internasional.

Hilgers dan Reijnders Resmi Pindah Federasi, Erick Thohir: Harus Raih Poin di Bahrain dan China!

"Saya kira faktor ini akan menjadi katalisator untuk mengangkat timnas ke level yang lebih tinggi. Kalau kita lihat beberapa tahun terakhir, sulit bagi pemain mewakili negara. Ketika menghadapi kekalahan, semangat untuk mewakili negara terlihat luntur," kata Yusoff Mahadi dilansir dari Bernama. 

"Kalau kita punya 11 Arif Aiman [pemain sayap kanan Johor Darul Ta'zim], tentu kita tidak butuh pemain asing, tetapi untuk mencapai level itu, kita butuh membangun tim yang bisa bersaing. Tanpa pemain yang muncul dari proses ini, akan sulit," ujarnya menambahkan.

Timnas Malaysia baru saja memulai gencar ingin menaturalisasi pemain keturunan, sedangkan Timnas Indonesia sudah sejak lama dan kini dampaknya skuad Garuda bisa bersaing di level Asia.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Tercatat, TImnas Indonesia saat ini memiliki 16 pemain naturalisasi. Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjadi dua yang terbaru. Sebelumnya, PSSI sudah menaturalisasi nama-nama di bawah ini: 

Marc Klok
Jordi Amat
Sandy Walsh
Shayne Pattynama
Ivar Jenner
Rafael Struick
Justin Hubner
Nathan Tjoe-A-On
Thom Haye
Ragnar Oratmangoen
Jens Raven
Jay Idzes
Calvin Verdonk
Maarten Paes

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya