Timnas Indonesia Bakal Lebih Solid dengan Pemain Naturalisasi

Juergen Klinsmann latih Timnas Korea Selatan
Sumber :
  • AFP/Carl de Souza

Jakarta, VIVA – Mantan pelatih Timnas Jerman, Juergen Klinsmann mengatakan Timnas Indonesia bakal lebih solid dengan kedatangan pemain naturalisasi. Menurutnya, apa yang dilakukan PSSI dengan mendatangkan pemain keturunan bukan hal di luar kebiasaan.

2 Pemain yang Potensi Dicoret Shin Tae-yong Usai Kedatangan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara di dunia juga melakukan naturalisasi pemain. Tujuannya jelas untuk membuat tim nasional semakin kuat dan bisa bersaing di level atas.

Klinsmann tak asing dengan naturalisasi pemain. Ketika dia melatih Timnas Amerika Serikat, banyak pemainnya yang memiliki kewarganegaraan ganda.

Sambil Kesal, Media Asing Sorot Keberhasilan Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U20

Indonesia memiliki keuntungan yang sama dengan Amerika Serikat. Karena ada beberapa pemain keturunan yang masih merumput di Eropa. Akan sangat menguntungkan jika sang pemain mau dinaturalisasi.

Sejauh ini program yang dilakukan PSSI telah membuahkan hasil baik. Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan menahan imbang Arab Saudi serta Australia.

Pemain-Pemain Timnas Indonesia yang Dapat Julukan dari Netizen, Ada Mees Hilgers

"Anda bisa mendapatkan pemain berkualitas jika pemainnya mau memilih Indonesia dan membela Indonesia sebagai negaranya," kata Juergen Klinsmann. 

"Anda memiliki pemain yang lebih solid dari tim-tim rival Anda seperti Australia dan Arab Saudi maka ini bagus karena anda ingin berhadapan dengan semua lawan Anda," imbuhnya.

Di negara asal Klinsmann, Jerman, pemain dengan paspor ganda juga banyak. Hal yang biasa jika sang pemain memilih salah satu negara untuk dibela.

"Jerman pun ada banyak sekali pemain berpaspor ganda Turki dan Jerman. Beberapa membela Turki beberapa membela Jerman dan seterusnya," tutur Klinsmann.

"Jika ada pemain yang karena ikatan emosional keluarga memilih negara Anda Indonesia, semoga itu bisa memberikan tambahan kualitas jangka panjang bagi Timnas Anda." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya