Timnas Indonesia Tak Perlu Malu! Timnas Italia pun Juara EURO 2020 Berkat Pemain Naturalisasi

Pemain Timnas Italia, Jorginho juara EURO 2020
Sumber :
  • Andy Rain/Pool Photo via AP

Jakarta, VIVA – Isu panas mengenai banyaknya naturalisasi di kubu Timnas Indonesia terus bergulir. Ada beberapa pihak yang tak setuju dengan kebijakan dari pelatih Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Panggil 27 Pemain, Ada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Sebut saja ada nama-nama seperti Bung Towel, M Tahir, Peter Gontha, Nuroji, Rocky Gerung, hingga Hifni Hasan. Mereka menjadi kubu yang menganggap naturalisasi bukan kebijakan tepat.

Padahal, sebenarnya menggunakan pemain naturalisasi adalah hal yang sah-sah saja di dunia sepakbola. Timnas Italia yang sepakbolanya sudah maju saja masih mengandalkan metode ini.

Timnas Indonesia Bakal Lebih Solid dengan Pemain Naturalisasi

Masih ingat siapa jenderal tengah Timnas Italia saat juara EURO 2020? Yap, Jorginho. Dia adalah pemain naturalisasi kelahiran Brasil.

Jorginho mengangkat trofi Euro 2020

Photo :
  • Twitter/@EURO2020
2 Pemain yang Potensi Dicoret Shin Tae-yong Usai Kedatangan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Dari namanya saja, Jorginho sudah Brasil banget. Nama lengkapnya adalah Jorge Luiz Frello Filho, layaknya pemain Brasil lain yang memiliki nama panggilan lebih pendek.

Jorginho memiliki keturunan Italia dari kakek buyut dari pihak ayah yang berasal dari Lusiana, Veneto.

Jorginho sebenarnya masih berharap mendapatkan panggilan dari Brasil. Namun, dia akhirnya memilih Italia yang lebih membutuhkannya.  

"Saya berpikir selama beberapa hari, tetapi saya mengambil keputusan dan saya tidak menyesalinya. Saya sangat senang bermain untuk Italia, saya berharap bisa membawa kegembiraan bagi para penggemar, karena saya mencintai negeri ini," kata Jorginho dilansir Football Italia.

Keputusan Jorginho terbukti tepat. Dia membawa Gli Azzurri juara EURO 2020 yang digelar pada 2021. Butuh waktu 53 tahun bagi Italia kembali merebut gelar ini.

Dan itu bisa terjadi karena pemain naturalisasi!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya