Sejarah Indonesia di Piala Asia U-20, Pernah Juara dan Hajar Jepang

Pemain Timnas Indonesia U-20
Sumber :
  • https://x.com/TimnasIndonesia

Jakarta, VIVA - Timnas Indonesia U-20 ternyata punya sejarah emas di turnamen Piala Asia U-20. Skuad Garuda muda pernah juara dan menghajar Timnas Jepang U-20.

King Indo Gendong ASEAN di Piala Asia U-20

Momen tersebut terjadi pada Piala Asia U-20 1961 silam yang saat itu bernama AFC Youth Championship 1961. Timnas Indonesia U-20 menjadi tim yang ganas di turnamen kala itu.

Pemain Timnas Indonesia U-20

Photo :
  • https://x.com/TimnasIndonesia
Daftar 16 Tim yang Lolos Piala Asia U-20 2025, Timnas Indonesia Naik Level

Tergabung di Grup A, Skuad Garuda muda menjadi tim yang tak terkalahkan. Mereka mencatatkan dua kemenangan dan dua hasil imbang dari empat pertandingan yang dijalani.

Padahal saat itu Timnas Indonesia U-20 masuk di grup neraka. Mereka berhadapan melawan Timnas Vietnam Selatan kelompok umur, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Shin Tae-yong Nonton Laga Timnas Indonesia U-20, Netizen Rekomendasikan 2 Nama

Namun Timnas Indonesia U-20 justru bisa melenggang ke final sebagai juara Grup A. Mereka menghajar Jepang dengan skor 2-1 pada dan menahan imbang Korea Selatan 2-2.

Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri

Photo :
  • Instagram @pssi

Hasil tersebut pun membawa Timnas Indonesia U-20 melaju ke final melawan juara Grup B, Burma U-20 (Myanmar). Saat itu format kompetisi tidak menggelar babak semifinal.

Jadi dari dua grup yang tersedia ketika itu mempertemukan masing-masing tim juara mereka di final. Sementara tim runner up memperebutkan juara ketiga yang kala itu dimenangkan Thailand U-20 melawan Vietnam Selatan U-20 dengan skor 2-1.

Sementara Timnas Indonesia U-20 berbagi gelar juara bersama Burma U-20. Keputusan itu diambil setelah kedua tim sama-sama bermain imbang kacamata di Bangkok, Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya