KOI Buka Suara Usai Hifni Kritik Shin Tae-yong soal Naturalisasi Timnas Indonesia

Shin Tae Yong, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) buka suara soal pernyataan Hifni Hasan terkait program naturalisasi Timnas Indonesia di depan Shin Tae Yong (STY). KOI dalam pernyataan mereka mengatakan, kritik tersebut tidak mewakili organisasi.

Hasil Sementara Timnas Indonesia U-20 Vs Timor Leste: Jens Raven Buka Keunggulan

"KOI menegaskan bahwa pernyataan terkait program naturalisasi pemain yang dilakukan PSSI yang dilontarkan Hifni Hasan tidak mewakili institusi atau organisasi Komite Olimpiade Indonesia," tulis KOI.

"Pernyataan itu merupakan pernyataan pribadi dan tidak mewakili NOC Indonesia. Walaupun itu pernyataan pribadi," tulis KOI menambahkan.

Timnas Indonesia Wanita Dilibas Klub Jepang 18-1, Mochizuki: Bukan Hal yang Buruk

Lebih lanjut, KOI menyatakan, meski hal itu adalah pernyataan pribadi, Hifni tidak pantas menyampaikan pendapatnya pada kesempatan itu karena ia mewakili Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.


"Kami menghormati setiap langkah yang diambil oleh masing-masing anggota kami, termasuk PSSI di dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan olahraga untuk prestasi," kata KOI.

Shin Tae-yong Beri Kabar Baik untuk Pemain Liga 1

"NOC Indonesia memohon maaf atas tindakan yang bersangkutan terhadap Ketua Umum PSSI beserta jajarannya termasuk pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong," tulis KOI menambahkan.

Sebelumnya, Hifni yang merupakan Anggota Komite Eksekutif KOI mengkritik kebijakan naturalisasi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

"Pertama saya mau berbicara tentang coach Shin Tae-yong. Jadi saya orang yang paling keras untuk masalah naturalisasi," kata Hifni Hasan mengutip dari YouTube Jebret Media.

"Saya coba memberitahu kepada beliau, jangan terlalu banyak pemain naturalisasi dibawa ke tubuh sepakbola Indonesia," tambahnya.

Duel Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste U-20

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-20 Vs Timor Leste U-20

Timnas Indonesia U-20 sukses mengemas kemenangan saat menghadapi Timnas Timor Leste U-20 dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

img_title
VIVA.co.id
27 September 2024