Perbandingan Ranking FIFA Negara ASEAN 8 Tahun Terakhir, Timnas Indonesia Ganas!

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Perbandingan ranking FIFA antar negara Asia Tenggara (ASEAN) terlihat mencolok dalam rentang waktu delapan tahun terakhir. Timnas Indonesia menjadi negara yang paling ganas jika melihat perubahan peringkat pada 2016 dan 2024.

Indra Sjafri Ogah Bahas Lagi Soal Welber Jardim, Bakal Dicoret dari Timnas Indonesia?

Bagaimana tidak, Skuad Garuda mampu melesat naik tujuh tingkat dari 11 negara ASEAN. Pada 2016 lalu, Timnas Indonesia hampir menjadi tim peringkat terakhir di Asia Tenggara.

Marselino Ferdinan, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Pengakuan Indra Sjafri Usai Timnas Indonesia U-20 Libas Maladewa

Saat itu Tim Merah Putih menempati urutan ke-10 ASEAN dan ke-191 dunia dengan koleksi poin hanya 65 menurut data Inside FIFA. Sementara di posisi terakhir ASEAN saat itu ditempati oleh Timnas Brunei Darussalam.

Skuad berjuluk Tebuan itu duduk di urutan ke-198 dunia dengan total 33 poin. Adapun posisi tiga teratas ketika itu dikuasai oleh Thailand, Filipina, dan Vietnam secara berurut.

Mees Hilgers Kibarkan Bendera Merah Putih Usai FC Twente Tahan Imbang Manchester United

Namun perlahan Timnas Indonesia mulai memanjat. Tim yang saat ini diasuh oleh Shin Tae-yong itu mampu menempati peringkat ketiga klasemen ranking FIFA negara ASEAN pada 2024.

Skuad Garuda kini telah mengoleksi 1.124,17 poin dan menempati posisi ke-129 dunia. Sementara di urutan pertama masih diduduki oleh Thailand kemudian Vietnam di posisi kedua.

Adapun posisi keempat diisi oleh Timnas Malaysia. Skuad Harimau Malaya, julukan Malaysia, mengantongi 1.117,64 dan menempati peringkat ke-132 dunia.

Sementara itu pada posisi terbawah tahun ini di ASEAN ditempati oleh Timnas Timor Leste. Brunei Darussalam sendiri naik ke posisi sembilan Asia Tenggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya