Buntut Ricuh Suporter, Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB

Bobotoh rusuh usai laga Persib Vs Persija
Sumber :
  • istimewa

Jakarta, VIVA – Insiden ricuh suporter yang terjadi usai pertandingan Liga 1 2024/25 yang mempertemukan Persib Bandung vs Persija Jakarta, Senin 23 September 2024 mendapatkan perhatian serius dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Di Balik Ketajaman Dimas Drajad Ternyata Ada Peran Asisten Baru Shin Tae-yong

Lewat pernyataan resminya, Erick Thohir menyesalkan insiden tersebut. Erick Thohir juga meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengusut tuntas insiden yang terjadi di Stadion Si Jalak Harupat tersebut. 

“Memang bukan di tengah laga, yang saya dapati laporan berjalan lancar. Tapi kejadian setelah pertandingan. Ini yang harus menjadi tanggung jawab dan evaluasi total LIB serta mengusut kejadian ini baik suporter, manajemen pertandingan termasuk steward-nya,” ujar Erick Thohir.

Bek Persib Ungkap Kunci Matikan Pergerakan Gustavo Almeida dan Marko Simic

Menyikapi permintaan tersebut, LIB pun bergerak cepat. Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menegaskan, rencananya pada Rabu 25 September 2024, pihaknya akan memanggil manajemen dan panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung. 

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus

Photo :
  • ANTARA/RAUF ADIPATI
Kericuhan Pasca Laga Persib Vs Persija Jadi Sorotan Media Asing

Pemanggilan tersebut dimaksudkan untuk menggali informasi dan fakta secara detail dan akurat tentang pelaksanaan pertandingan sampai dengan terjadinya insiden.

“Benar. Kami akan bertemu dengan manajemen dan panpel Persib Bandung. Kami akan meminta informasi semuanya secara menyeluruh sekaligus membahas bukti atau fakta-fakta pendukungnya,” urai Ferry Paulus.

“Setelah mendapatkan informasi dan fakta yang detail dan menyeluruh, kami akan menyerahkannya ke PSSI untuk ditandaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku,” tambahnya. 

Terkait pelaksanaan pertandingan, Ferry Paulus juga menegaskan bahwa pihaknya juga telah menempatkan perwakilan LIB pada setiap pertandingan Liga 1 2024/25. Penempatan perwakilan LIB tersebut, juga berlaku pada pertandingan Persib kontra Persija pada pekan keenam.

“Ada perwakilan dari kami yang disebut Venue Delegate. Perwakilan ini kami tugaskan pada H-2. Fungsinya untuk memastikan pelaksanaan pertandingan sesuai dengan ketentuan. Kaitannya dengan insiden yang terjadi di laga Persib kontra Persija, kami juga akan meminta informasi detail dari Venue Delegate yang bertugas. Kami juga akan meminta tambahan informasi berikutnya dari Match Commissioner,” tegas Ferry Paulus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya