Rocky Gerung: Naturalisasi Timnas Indonesia Semacam Penipuan Terhadap Sensasi

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Pengamat politik Indonesia, Rocky Gerung ternyata menaruh perhatian juga terhadap sepakbola Indonesia, khususnya Timnas Indonesia. Dia mengkritik kebijakan PSSI dalam hal naturalisasi pemain.

Eks Dubes RI untuk Polandia Resah Timnas Indonesia Dihuni Banyak Pemain Keturunan: Saya Malu

Sejak Erick Thohir menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, jumlah pemain naturalisasi bertambah banyak. Mereka menjadi andalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kehadiran para pemain naturalisasi dalam skuad asuhan Shin Tae-yong memberi dampak positif. Buktinya adalah Indonesia melaju sampai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Bahrain Ketakutan dan Mundur Lawan Timnas Indonesia, Benarkah?

Dua pertandingan telah dilakoni Skuad Garuda yang banyak dihuni pemain asing. Tim langganan Piala Dunia dari Asia, seperti Arab Saudi dan Australia berhasil ditahan imbang.

Pengamat Politik, Rocky Gerung

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Akhirnya, Pemerintah Buka Suara soal Pemain Timnas Indonesia Dituding Punya Paspor Ganda

Suporter Timnas Indonesia senang dengan hasil yang didapat sejauh ini. Banyak yang kemudian memihak kepada program PSSI dalam menaturalisasi pemain. Sejumlah nama pun mereka harap bisa dirayu untuk menjadi warga negara Indonesia.

Tapi menurut Rocky Gerung, fenomena ini cuma sekadar euforia. Bahkan menurut dia ini seperti penipuan terhadap sensasi yang dirasakan oleh para suporter.

"Ada euforia di dalam persepakbolaan kita. Tapi, euforia itu membatalkan atau membuat kita lupa bahwa yang bermain di lapangan itu sebetulnya adalah bukan grup yang kita idealkan sebetulnya," kata Rocky Gerung lewat kanal Youtube-nya.

"Karena apa yang sekarang disebut sebagai naturalisasi itu semacam penipuan terhadap sensasi tuh. Kalau misalnya ada naturalisasi, tentu ada sesuatu yang tidak fit and proper dengan prinsip-prinsip patriotisme," imbuhnya.

Anggota Komisi X DPR RI, Nuroji

Anggota Komisi X DPR Tak Bangga dengan Kemenangan Timnas Indonesia, Nuroji: Yang Main Bukan Akamsi

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Gerindra, Nuroji, baru-baru ini menyampaikan kritiknya terhadap banyaknya pemain naturalisasi yang masuk ke dalam Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024