Drama Sepakbola PON 2024, Sulteng WO dan Aceh Melaju ke Semifinal

Ekspresi pemain tim Aceh saat dinyatakan menang lawan Sulteng karena WO. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Banda Aceh, VIVA – Tim Sulawesi Tengah (Sulteng) cabor sepakbola PON 2024 memilih walk out (WO) saat berhadapan dengan tim tuan rumah Aceh dalam laga perempat final yang digelar di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu malam, 14 September 2024.

Joe Aditya Pecahkan Rekor 1 Dekade Lebih di Renang PON 2024

Sulteng tak ingin melanjutkan babak pertambahan waktu 2X15 menit usai babak kedua berakhir dengan skor imbang 1-1. Gol bagi Sulteng diciptakan oleh Wahyu Alman Poru di menit 24, sementara gol Aceh dicetak oleh Akmal Juanda lewat penalti di menit 124.

Pertandingan yang kontroversi tersebut juga diwarnai 3 kartu merah yang diberikan wasit ke pemain Sulteng dan dua penalti dihadiahi ke tim tuan rumah Aceh. Mereka yang diganjar kartu merah ialah Wahyu Alman di menit 74, Moh Akbar menit 84 dan Muhammad Rizki Saputra menit 96.

Kesaksian Atlet Saat Atap Venue PON 2024 Ambruk di Aceh

Puncak kekecewaan tim Sulteng terjadi saat wasit memberikan hadiah penalti kedua ke tim Aceh. Sebab pelanggaran penalti tersebut terjadi di menit 123. Setelah Aceh berhasil mencetak gol wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Pelatih kepala tim Aceh, Rasiman tak ingin mengomentari soal WO nya Sulteng dalam pertandingan itu. Ia menyerahkan sepenuhnya ke regulasi yang dimiliki oleh PSSI hingga perangkat pertandingan.

Jelang Penutupan PON XXI, Para Atlet dan Official Apresiasi Layanan Transportasi

Namun ia menilai WO nya Sulteng dinilai kurang elok, hanya saja tim lawan juga memiliki hak untuk tidak melanjutkan pertandingan.

“Hal seperti itu saya rasa kurang baik ya, tapi tim lawan punya hak untuk tidak melanjutkan permainan ya sanksinya kalah WO,” ujarnya.

Dengan hasil itu tim Aceh melaju ke Semifinal PON 2024. Di pertandingan lainnya, Jawa Timur sukses mengalahkan Nusa Tenggara Timur dengan skor tipis 1-0. Lalu Kalimantan Selatan menang adu penalti dengan Papua Pegunungan 5-4. dan Jawa Barat sukses mengalahkan Sumut.

Hasil itu membuat 4 tim melaju ke Semifinal cabor sepakbola yaitu Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Timur.

Venue Cabor Berkuda dan Voli dalam PON 2024 Belum Siap dan Becek

Banyak Masalah di Gelaran PON 2024, Polisi Minta Masyarakat Ikut Lapor Dugaan Penyelewengan Anggaran

Banyaknya masalah dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Polri meminta masyarakat untuk melaporkan dugaan penyelewengan anggaran PON 2024

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024