Bojan Hodak Sebut Timnas Indonesia Fantastis, tapi Ingatkan PSSI

Rafael Struick, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Bandung, VIVA – Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, memuji penampilan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di mana, Skuad Garuda mampu menahan imbang dua raksasa Asia yakni Arab Saudi dan Australia.

Anggota Komisi X DPR Tak Bangga dengan Kemenangan Timnas Indonesia, Nuroji: Yang Main Bukan Akamsi

Seperti diketahui, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Arab Saudi dengan skor akhir 1-1. Kemudian, ketika berhadapan dengan Australia, Jay Idzes dkk bermain imbang tanpa gol.

Menurut Bojan, hasil imbang ini merupakan pencapaian yang fantastis. Saat ini, Timnas Indonesia mampu bersaing secara kompetitif di level Asia.

Eks Dubes RI untuk Polandia Resah Timnas Indonesia Dihuni Banyak Pemain Keturunan: Saya Malu

Pelatih Persib Bojan Hodak dan Nick Kuipers (foto: Dede Idrus)

Photo :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus (Bandung)

"Jadi tim ketika bermain melawan Arab Saudi mereka bisa mengimbanginya, saat bermain melawan Australia juga mereka melakukannya, yang mana 5-10 tahun lalu itu seakan mustahil," kata Bojan.

Bahrain Ketakutan dan Mundur Lawan Timnas Indonesia, Benarkah?

Pelatih asal Kroasia ini mengatakan cara PSSI mendatangkan beberapa pemain diaspora akhirnya membuahkan hasil. Kehadiran mereka memberikan dampak positif terhadap permainan tim.

"Jadi tentunya ini, apa yang dilakukan dengan memberikan paspor kepada beberapa pemain yang mempunyai darah Indonesia adalah hal yang bagus," terangnya.

Namun, Bojan mengingatkan federasi untuk tidak lupa dengan pengembangan pemain muda sebagai regenerasi. Sebab, karir pemain diaspora di Timnas tidak akan bertahan lama.

"Karena pemain-pemain (diaspora) ini dalam 5-10 tahun lagi akan selesai, jadi ketika pengembangan pemain mudanya bagus maka ada penerus di fase yang berikutnya," ungkapnya.

"Ini hal yang perlu diperhatikan, jika bisa melakukan itu, dan membentuk pemain baru untuk masa depan, maka ini sangat bagus," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya