Keren, Ada Gerakan Bantu Anak Prasejahtera Lewat Sepakbola

Keren, Ada Gerakan Bantu Anak Prasejahtera Lewat Sepakbola
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Di balik gemerlapnya kota besar seperti Jakarta dan Bekasi, masalah pendidikan dan kekerasan pada anak masih menjadi isu serius. 

Jawa Timur Bersyukur Wasit Lawan Aceh Bukan dari Panitia PON

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dinas Pendidikan Kota Bekasi mencatat, sebanyak 1.349 anak putus sekolah pada tahun 2020/2021. 

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta melaporkan 1.682 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak sepanjang 2023.

Gunakan Wasit Liga 1, Jatim Kalahkan Aceh di Semifinal PON 2024

Melihat kondisi ini, Yayasan Kampus Diakoneia Modern (KDM) bersama Campaign, startup pemilik aplikasi Campaign #ForABetterWorld, menggagas kampanye BOLA #DonasiJamMain melalui aplikasi Campaign #ForABetterWorld. 

BOLA, singkatan dari Bermain Olahraga Lindungi Anak, bertujuan melibatkan anak-anak jalanan di Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya dalam kegiatan positif melalui olahraga.

FOMO Simpati Sepakbola Sulteng di PON: Ahmad Ali Dihujat, Cudy Dipuji

Melibatkan sembilan organisasi sosial, kampanye ini menargetkan 600 anak untuk terlibat dalam kegiatan yang lebih positif. 

“Kami memanfaatkan olahraga seperti futsal dan sepak bola untuk menanamkan keterampilan hidup dan nilai-nilai positif pada anak-anak," kata Jessica, Manajer Program Penyelamatan Anak dan Penguatan Komunitas Yayasan KDM.


"Program ini diharapkan dapat membangun rasa percaya diri dan membuka kesempatan bagi mereka untuk berprestasi di masa depan,” ujarnya, menambahkan.

Kampanye BOLA #DonasiJamMain mengajak masyarakat berdonasi tanpa harus mengeluarkan uang melalui aplikasi Campaign #ForABetterWorld. 

Masyarakat cukup menyelesaikan tantangan kampanye, setelah itu secara otomatis, mereka akan membuka donasi dari sponsor yang kemudian disalurkan oleh organisasi sosial untuk mendukung hak bermain dan pengembangan potensi anak-anak prasejahtera.


Salah satu organisasi yang menyalurkan donasi ini adalah Imago Dei Jakarta, melalui kampanye “Bantu Anak Kolong Tol Penjaringan Hilangkan Trauma dengan Main Futsal.

"Kampanye ini memfasilitasi 15 anak perempuan di Kolong Tol Penjaringan, Jakarta Utara, untuk membantu mereka agar terhindar dari kekerasan seksual," jelas Jefry Robert Dianto, Pembina Imago Dei Jakarta.


“Anak-anak perempuan di sini memiliki potensi luar biasa di bidang futsal. Dengan dukungan yang tepat, mereka dapat menyalurkan hobi, membangun kepercayaan diri, dan meraih prestasi,” ucapnya.

Sementara itu, Project Lead #DonasiJamMain dan Outreach Officer Campaign, Anindhita Resyahanifa Putri, mengatakan, Mendukung kampanye ini sangat mudah. 

"Cukup unduh aplikasi Campaign #ForABetterWorld di AppStore atau Google Play, temukan kampanye #DonasiJamMain, dan selesaikan tantangan dengan
mengunggah foto, seperti berpose bersama sahabat atau membagikan tangkapan layar informasi pengaduan kekerasan seksual,” ujarnya.

Saat ini, terdapat 7 tantangan kampanye BOLA #DonasiJamMain di aplikasi Campaign
#ForABetterWorld, antara lain:


1. Bantu Anak Kolong Tol Penjaringan Hilangkan Trauma dengan Main Futsal
2. Dukunganmu Bisa Jadi Seragam dan Sepatu Futsal untuk Anak-Anak di Duren Sawit, Jakarta
Timur
3. 53 Anak Sekolah Kami di Bekasi Nggak Punya Alat Olahraga Layak. Bantu Yuk!
4. Bantu RPTRA Rawabadak Utara Perbaiki Lapangan Futsal dan Tiang Gawang yang Rusak
5. Wujudkan Pendidikan Gratis untuk Anak-Anak Rawa Elok
6. Bantu 100 Anak Muara Indah Dapat Pendidikan Gratis
7. Dukung Pendidikan Gratis untuk Lebih dari 20 Anak di KBA Muara Angke

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya