Kata Cristian Gonzales soal Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Cristian Gonzales
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Cristian Gonzales buka suara terkait peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026.

Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Timnas Indonesia saat ini sudah sampai di putaran ketiga, fase yang berhadapan langsung menuju turnamen terbesar di dunia itu.

Sejauh ini, pasukan Shin Tae-yong sudah menjalani dua pertandingan melawan Arab Saudi dan Australia.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Hasilnya, Timnas Indonesia meraih hasil imbang dalam kedua laga.

Pertama bermain 1-1 melawan Arab Saudi dan 0-0 melawan Australia. Hasil ini membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C dengan poin dua.

Fakta Menarik, Ayah Sandy Walsh Adalah Seorang Pelatih

Melihat dari dua pertandingan yang sudah dijalani Timnas Indonesia, Cristian Gonzalez menilai ada harapan.

Mantan penyerang Timnas Indonesia itu menyebut kerja keras dan dukungan suporter menjadi hal penting untuk meraih tiket ke Piala Dunia.

"Peluang kita masih ada. Apalagi masih banyak pertandingan. Saya pikir kalau kita kerja keras dan semangat positif, saya pikir kita bisa menuju Piala Dunia," kata Gonzales dalam program one on one, Tvone.

"Memang kita baru punya dua poin, dan saya lihat punya materi pemain materi yang bagus, apalagi kita punya pemain ke -12 dan kita lihat kemarin luar biasa saat lawan Australia di SUGBK," sambungnya.

Format baru itu membuat jatah bagi wakil Asia di Piala Dunia 2026 bertambah. Jika biasanya empat negara Asia lolos langsung ke Piala Dunia dan satu lewat play-off, pada edisi 2026 ada delapan negara lolos dan satu play-off.

Bertambahnya wakil Asia tentu berdampak pada peluang Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia 2026. Apalagi jika Indonesia mampu lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi.

Timnas Indonesia bisa lolos Piala Dunia 2026 dengan menjadi juara atau runner-up grup C. 

 Indonesia akan melakoni 10 pertandingan di Grup C dengan masing-masing lima laga kandang dan lima laga tandang. Negara yang menjadi juara dan runner-up di masing-masing grup, bisa langsung lolos ke Piala Dunia 2026. 


Jika Indonesia belum mampu meraih juara atau runner-up grup, masih ada kesempatan selanjutnya lolos Piala Dunia 2024. Syaratnya Timnas Indonesia harus bisa menempati posisi ketiga atau keempat di Grup C. Sebab posisi ketiga dan keempat dari masing-masing grup akan kembali menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde keempat.  Di ronde keempat ini sebanyak enam negara akan dibagi menjadi dua grup dengan berisi masing-masing tiga tim. Juara grup pada putaran keempat ini, bisa langsung lolos Piala Dunia 2026. 

Jika tidak berhasil juga, ada jalan terakhir yaitu lolos babak play-off. Putaran kelima kualifikasi akan mempertemukan dua tim yang finis sebagai runner-up grup di putaran keempat kualifikasi. 

Artinya, Indonesia harus menjadi peringkat kedua grup di putaran empat. Pemenang putaran kelima kualifikasi akan masuk ke Turnamen play-off FIFA, yang melibatkan enam tim (satu tim per konfederasi). 

Enam tim tersebut akan akan berlaga untuk merebutkan dua tempat terakhir di Piala Dunia 2026. Di fase ini Indonesia harus berhasil merebut satu dari dua sisa tiket tersebut untuk bisa lolos Piala Dunia 2026.
 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya