PSSI Buka Suara soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diduga Punya 2 Paspor

Pemain Timnas Indonesia (Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, Rafael Struick)
Sumber :
  • PSSI

VIVA – PSSI buka suara terkait rumor yang menyebutkan sejumlah pemain naturalisasi Timnas Indonesia memiliki dua paspor.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Isu itu sebelumnya dihembuskan Mantan Duta Besar RI untuk Polandia, Peter Gontha. Dia menyebut, para pemain naturalisasi nantinya akan membuang status WNI mereka.

"Apakah anda tau bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka," tulis  Peter di akun Instagramnya.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Terkait hal itu, Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan penjelasan. Dia tidak habis pikir masih ada pihak yang menghembuskan isu tidak jelas di saat Timnas Indonesia mulai berkembang.


"Kami ini bingung, ketika Timnas berjuang, hasilnya baik membawa merah putih, semuanya bersatu, rakyatnya mendukung karena timnas kita bisa berkibar," kata Arya. 

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

"Ada saja orang yang berusaha menggembosinya  dengan isu-isu yang gak jelas. Kok bisa gitu, masih seperti itu yang terjadi," kata Arya, menambahkan.


Arya menegaskan, satu hal yang pasti adalah para pemain naturalisasi tersebut memiliki darah Indonesia dan sudah menjalankan proses naturalisasi sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

"Yang pasti mereka pemain diaspora punya darah Indonesia, bahkan ada ayah dan ibunya orang Indonesia," ucap Arya.

"Mereka kami urus dengan hukum Indonesia, mereka mendapatkan warga negara Indonesia, kemudian kami bawa ke FIFA pindah federasi. Dan yang pasti ketika masuk ke Indonesia dia pakai paspor indonesia, dan keluar pakai paspor indonesia. Sudahlah jangan pakai kontroversi," tegasnya.

Duel PSS Sleman Vs Borneo FC

Kiper Timnas Indonesia Kartu Merah, Borneo FC Gagal Tumbangkan PSS

Borneo FC bertandang ke Stadion Manahan, Solo untuk menghadapi PSS Sleman pada laga lanjutan Liga 1 2024/2025 pada Kamis 12 September.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024