Waduh, Suporter Australia Sebut Stadion GBK Mirip Kandang Sapi: Kasihan Sekali

Wahyu Prasetyo, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kembali menuai kritik keras usai digelarnya pertandingan Timnas Indonesia vs Australia dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Selasa, 10 September 2024 lalu.

Firman Utina Puji Performa Timnas Indonesia usai Tahan Imbang Arab Saudi dan Australia

Kali ini kritik keras tersebut dilontarkan oleh suporter tim tamu. Mereka mengatakan SUGBK tidak layak disebut stadion sepakbola, melainkan lebih mirip kandang sapi.

Bukan kali ini saja rumput GBK mendapat penilaian buruk, pada laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia, saat Skuad Garuda menjamu Filipina, kualitas rumput stadion berkapasitas 70 ribu penonton ini juga sangat buruk.

PSSI Buka Suara soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diduga Punya 2 Paspor

Kondisi Rumput Stadion GBK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Buruknya kualitas rumput GBK saat itu terlihat jelas ketika Thom Haye melakukan selebrasi knee slide usai mencetak gol debut ke gawang Filipina Selasa 11 Juni 2024 lalu.

Kiper Timnas Indonesia Kartu Merah, Borneo FC Gagal Tumbangkan PSS

Di luar ekspektasi sang pemain, selebrasi yang acap dilakukan Haye di SC Heerenveen itu gagal diulang di Stadion GBK, karena faktor rumput yang berbeda kualitas. Akibatnya, Haye pun tersungkur hingga kedua lututnya mengalami luka.

Kondisi rumput GBK juga sempat diprotes keras pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kondisi demikian dinilai dapat menghambat aliran bola dan menyebabkan pemain sulit melakukan operan akurat.

Meski telah diperbaiki, kondisi rumput GBK saat Indonesia menjamu Australia nampaknya belum ada perubahan signifikan. Hal ini sontak menjadi sorotan dari suporter Tim kanguru di media sosial. Mereka meminta PSSI lebih serius lagi memperhatikan kualitas rumput.

“Menyajikan kandang sapi untuk pertandingan sepak bola internasional. Kasihan sekali dan sama sekali tidak bisa diterima," tulis akun Proper-Might5900, dikutip Kamis, 12 September 2024.

Merespons komentar tersebut, warganet Indonesia pun mengaku setuju. Mereka menilai PSSI memang tidak pernah serius memperhatikan kualitas rumput GBK.

“GBK selevel kandang sapi wkwkwkwk. Udah lebih dari setahun, masih belum kelar masalah rumput," komentar salah seorang warganet.

“Artinya adalah @PSSI  harus di kritik habis habisan untuk lapangan yang sangat tidak bagus untuk melayani laga kandang, lapanganya seperti kandang sapi? pak aku mau marah dikit @erickthohir," tulis warganet lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya