Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Jay Idzes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia jadi salah satu tim Asia paling banyak mengoleksi poin ranking FIFA per Rabu 11 September 2024. Skuad Garuda berhasil mendulang tambahan poin sebanyak 15,44 menurut data Footy Rankings.

Kritik Lengkap Rocky Gerung Terhadap Program Naturalisasi Timnas Indonesia

Perolehan tersebut membawa Timnas Indonesia menjadi tim ketiga yang paling banyak mengantongi poin. Di posisi pertama ditempati oleh Timnas Brunei Darussalam yang sukses mengumpulkan total 25,10 poin.

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Rocky Gerung: Naturalisasi Timnas Indonesia Semacam Penipuan Terhadap Sensasi

Kemudian di urutan kedua ada Timnas Uzbekistan dengan total poin yang dikumpulkan sebanyak 15,64. Catatan poin itu diperoleh berdasarkan hasil laga mereka masing-masing.

Timnas Indonesia sendiri terbilang tampil cukup apik di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebagai tim terlemah dari segi peringkat di Grup C, Skuad Garuda mampu setidaknya bermain imbang di dua laga pertama yang dijalani.

Dugaan Paspor Ganda Pemain Timnas Indonesia, Yunus Nusi: Berhentilah Bahas Isu Murahan Ini

Tim asuhan Shin Tae-yong itu berhasil mengakhiri laga tandang mereka melawan Arab Saudi dengan skor seri 1-1 pada Jumat 6 September 2024 dini hari WIB. Kemudian mereka sukses menjaga cleansheet ketika menjamu Timnas Australia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Selasa 10 September 2024.

Maarten Paes dan kolega menahan imbang Socceroos-julukan Australia- dengan skor 0-0. Hasil itu membawa Skuad Garuda kedapatan banyak poin tambahan.

Mengingat dua lawannya tersebut jauh lebih unggul di atas Timnas Indonesia dalam ranking FIFA. Saat ini Timnas Arab Saudi berada di peringkat ke-56, Australia ke-25, dan Skuad Garuda di urutan ke-129.

Tidak hanya dari segi perolehan poin, Timnas Indonesia juga menjadi salah satu tim yang naik peringkat paling tinggi ketiga di Asia. Tim Merah Putih naik empat tingkat dari yang sebelumnya sempat duduk di posisi ke-133 dunia. 

Pencapaian itu juga sama dengan Timnas Bahrain yang kini berada di ranking ke-76. Sementara itu Timnas Brunei Darussalam menjadi tim dengan pencapaian ranking terjauh di Asia yakni tujuh tingkat, 183 dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya