Ritual Timnas Indonesia Nyanyi Usai Imbang Vs Australia Dianggap Berlebihan?

Nathan Tjoe A On, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Ritual para suporter dan pemain Timnas Indonesia nyanyi ‘Tanah Airku’ setelah bermain imbang vs Australia tampaknya dianggap berlebihan. Sebab, perjalanan Skuad Garuda di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga masih panjang.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Striker Timnas Australia, Mitch Duke, memandang antusiasme suporter sepakbola Indonesia semakin menggila. Dia mengatakan perayaan nyanyi lagu ‘Tanah Airku’ di akhir laga seolah-olah sebagai pesta kemenangan. Padahal, Timnas Indonesia hanya bermain imbang kacamata melawan Australia.

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

“Mereka bernyanyi sekarang, menjadi semakin gila. Mereka merayakan hasil imbang ini seolah-olah itu adalah sebuah kemenangan,” ungkap Duke dalam wawancara di Football Australia, Selasa 10 September 2024.

Sebagaimana diketahui, laga Timnas Indonesia vs Australia digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa 10 September 2024. Itu merupakan laga kandang pertama Skuad Garuda di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bakat Tersembunyi Calvin Verdonk di Luar Lapangan

Pemain Timnas Australia, Mitchell Duke

Photo :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

Sebelumnya mereka juga bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi di laga tandang pada Jumat 6 September 2024 dini hari WIB. Berkat dua hasil tersebut, Timnas Indonesia kini menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup C dengan koleksi dua poin.

Posisi itu membuat Tim Merah Putih berpotensi untuk melaju lebih jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebagai tim terendah dari segi peringkat di Grup C, catatan itu merupakan pencapaian yang cukup baik oleh Skuad Garuda.

Terlebih, Timnas Indonesia juga sudah lama tidak melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tidak hanya itu, Skuad Garuda pun kalah jauh dari ranking FIFA dengan Australia, 129 berbanding 25 dunia. 

Dalam pertemuan terakhir, Timnas Indonesia juga dibantai empat gol tanpa balas dari Socceroos-julukan Australia. Momen itu terjadi pada babak 16 besar Piala Asia 2023 pada Januari 2024 lalu. Tak heran jika hasil imbang 0-0 dinilai menjadi catatan apik bagi Tim Merah Putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya