Media Asing Ungkit Sumbangsih Besar Belanda di Balik Keganasan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Media asing asal Belanda, Voetbal International menyebut ada peran besar Negeri Kincir Angin di balik kesuksesan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Timnas indonesia berhasil melakoni dua babak awal di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia dengan hasil imbang. Dua hasil imbang itu didapat saat menghadapi Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).

“Oranye Indonesia Tahan Imbang Australia,” demikian judul artikel mereka yang tayang pada Selasa, 10 September 2024.

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Media itu menyebut sebanyak sepuluh pemain berdarah Belanda memiliki peran besar saat Timnas Indonesia ditahan imbang Australia di Stadion GBK Selasa malam.

Bakat Tersembunyi Calvin Verdonk di Luar Lapangan

Sembilan pemain tersebut yakni, Maarten Paes, Calvin Verdonk, Justin Hubner, Jay Idzes, Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick dan Thom Haye yang masuk di babak kedua.

Mereka lupa sepuluh pemain di atas juga memiliki darah Indonesia. Para pemain bisa dinaturalisasi lantaran memiliki garis keturunan dari orang tua dan maksimal dari kakek atau nenek yang lahir di Indonesia.

"Indonesia yang diwarnai Belanda bermain imbang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia, sebanyak sepuluh pemain berdarah Belanda beraksi," tulis media itu dikutip VIVA Kamis, 12 September 2024.

"Pada dasarnya semua memiliki darah Belanda, 20 menit jelang akhir laga, Thom Haye masuk melengkapi sepuluh pemain Belanda," sambung mereka.

Timnas Indonesia Vs Arab Saudi

Photo :
  • PSSI

Media itu juga menyorot proses naturalisasi Indonesia yang terus berlanjut. Terbaru dua nama pemain keturunan yakni, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tinggal menunggu waktu untuk diambil sumpah WNI.

“Eliano Reijnders dan Mees Hilgers juga baru-baru ini memutuskan akan bermain untuk Indonesia," demikian laporan Voetbal International.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya