Ranking FIFA Timnas Indonesia dari Masa ke Masa: Pernah Langganan 100 Besar

Shin Tae Yong, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Ranking FIFA Timnas Indonesia dari masa ke masa cukup signifikan. Skuad Garuda pernah jadi langganan posisi 100 besar peringkat dunia.

Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Adapun pencapaian tertinggi Timnas Indonesia di ranking FIFA terjadi pada 1998 silam di urutan ke-87 dunia menurut data yang disebar @tijabar, Selasa 10 September 2024. Perlu disadari, perubahan ranking sifatnya sangat fleksibel dan mudah berubah-ubah tergantung hasil laga yang dijalani setiap tim.

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Di era 90-an, Timnas Indonesia menjadi tim yang diperhitungkan. Skuad Garuda lama berada di 100 besar ranking FIFA lima tahun beruntun sejak 1997-2001. Posisi Tim Merah Putih sempat merosot ke urutan ke-110 pada 2002 sebelum akhirnya mampu kembali menembus 100 besar di posisi ke-91 dunia pada 2003 dan 2004.

Catatan terburuk peringkat Timnas Indonesia terjadi pada 2015 lalu. Saat itu Skuad Garuda duduk di urutan ke-179 dunia. Di masa itu memang sepakbola di Tanah Air tengah terpuruk.

Fakta Menarik, Ayah Sandy Walsh Adalah Seorang Pelatih

Ranking Timnas Indonesia

Photo :
  • twitter

Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) dibekukan FIFA pada 2015 lalu. Faktor hukuman muncul karena adanya intervensi dari pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat itu.

Perbaikan mulai terasa di tahun berikutnya. Peringkat Timnas Indonesia cukup membaik di 2018 dengan urutan ranking ke-159 dunia. Namun kembali memburuk setahun berikutnya, merosot ke-173 ranking FIFA.

Kehadiran Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia di 2020 akhir pun mulai memberikan perubahan. Pria asal Korea Selatan itu kini berhasil membawa Timnas Indonesia menempati urutan ke-129 dunia dari sebelumnya di posisi ke-173.

Targetnya, Shin ingin membawa Skuad Garuda kembali masuk di 100 besar ranking FIFA. Harapan itu mulai terasa semakin nyata dengan perjalanan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekarang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya