Alasan Maarten Paes Bisa Dinaturalisasi Indonesia, Padahal Asli Keturunan Eropa

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Maarten Paes, seorang pesepak bola berbakat keturunan Eropa, mengejutkan banyak pihak dengan kemampuannya memenuhi syarat untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Meskipun Paes secara genetik tidak memiliki darah Indonesia, ia tetap memenuhi kriteria untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Apa rahasia di balik status naturalisasinya? Simak penjelasannya!

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

1. Keturunan Eropa dengan Ikatan Historis di Indonesia

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Bakat Tersembunyi Calvin Verdonk di Luar Lapangan

Rahasia proses naturalisasi Paes terletak pada sosok buyutnya, yang merupakan bagian dari kelompok unik dalam sejarah Indonesia.

Buyut Paes adalah seorang "Belgivers" yaitu sebutan untuk para pendatang Eropa murni yang lahir dan menetap di Hindia Belanda, wilayah yang kini dikenal sebagai Indonesia. 

Kelompok ini meskipun berketurunan asli Eropa, mereka memiliki keterikatan yang kuat dengan tanah Indonesia karena kehidupan mereka di wilayah Nusantara.

Kedua buyut Paes yang merupakan orang Eropa asli menikah dan menetap di Hindia Belanda pada awal abad ke-20. Mereka menetap di Kediri, Jawa Timur, dan melahirkan nenek Paes pada tanggal 20 Maret 1940.

Keputusan untuk menetap ini memberikan nenek Paes status kelahiran di wilayah yang pada masa itu merupakan bagian dari Hindia Belanda, yang kemudian menjadi Republik Indonesia.

Meskipun Maarten Paes sendiri tidak memiliki darah Indonesia, latar belakang sejarah keluarganya menjadi alasan utama mengapa ia memenuhi syarat untuk dinaturalisasi. 

Dengan adanya keterkaitan keluarganya yang telah menetap di Hindia Belanda, Paes dianggap memiliki hubungan historis dengan Indonesia. Oleh karena itu, ia diizinkan untuk berkiprah di Timnas Indonesia.

2. Proses dan Syarat Naturalisasi di Indonesia

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Syarat naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia sendiri cukup ketat. Menurut peraturan PSSI, seorang pemain harus memiliki hubungan historis atau keluarga dengan Indonesia, meskipun tidak harus berdarah Indonesia.

Pemain juga harus menunjukkan kontribusi signifikan dalam dunia sepak bola dan berkomitmen untuk membela Timnas.

Maarten Paes, dengan keturunan Belgivers dan prestasi sepak bola yang mengesankan, mampu memenuhi semua kriteria tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya