Sosok Maarten Paes, Kiper Timnas Indonesia yang Cetak Prestasi dengan 5 Penyelamatan Lawan Australia

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Maarten Paes, kiper baru Timnas Indonesia, menjadi sorotan utama netizen dalam pertandingan melawan Australia pada Selasa, 10 September 2024 malam.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini berakhir dengan skor imbang 0-0, namun penampilan Paes benar-benar mencuri perhatian.

Dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Jakarta, kedua tim kesulitan untuk mencetak gol. Timnas Indonesia dan Australia sama-sama memiliki peluang, tetapi Maarten Paes tampil sangat solid di bawah mistar gawang. 

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Kiper berusia 26 tahun ini melakukan lima penyelamatan krusial yang memastikan gawang Timnas Indonesia tetap aman dari kebobolan sehingga menjadikannya MOTM (Man of the Match) pada pertandingan tersebut.

Bakat Tersembunyi Calvin Verdonk di Luar Lapangan

Lantas, seperti apa profil dan biodata Maarten Paes? 

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Maarten Vincent Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Sebelum dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia, Paes dikenal sebagai kiper andal di level klub. Dia merupakan kiper pertama yang dinaturalisasi oleh PSSI setelah sebelumnya mereka menaturalisasi pemain di posisi bek, gelandang, dan penyerang.

Perjalanan Karir Klub

Paes memulai perjalanan sepak bolanya di akademi VV Union sebelum bergabung dengan akademi NEC Nijmegen. Dia kemudian memperkuat NEC Nijmegen U-19 dan naik ke tim senior pada musim 2016/2017.

Pada 2019, Maarten Paes pindah ke FC Utrecht. Selama tiga musim di sini, dia bermain dalam 48 pertandingan, mencatatkan 63 kebobolan, dan 12 clean sheets. Meski waktu bermainnya cukup banyak, Paes belum mencapai performa puncaknya di klub ini.

Setelah itu pada pertengahan musim 2021/2022, Paes bergabung dengan FC Dallas di Major League Soccer (MLS) dengan status pinjaman. Keputusannya untuk pindah ke MLS terbukti tepat karena dia segera mendapatkan tempat utama. Dalam satu musim pertamanya, Paes tampil dalam 34 pertandingan di seluruh kompetisi.

Karir di Timnas Indonesia

Sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia, Maarten Paes pernah memperkuat Timnas Belanda di level U-19, U-20, dan U-21. Dia berpartisipasi dalam kompetisi EURO U-19 2017 dan terakhir bermain di Kualifikasi EURO U-21 2019. 

Dengan latar belakang yang kuat di level muda, Paes diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi Timnas Indonesia.

Setelah proses naturalisasi, Paes kini bersaing untuk menjadi kiper utama Timnas Indonesia. Saat ini, dia harus bersaing dengan kiper-kiper lokal seperti Ernando Ari Sutaryadi, Nadeo Argawinata, dan Syahrul Tisna. Namun, penampilannya yang mengesankan melawan Australia menunjukkan bahwa dia adalah kandidat kuat untuk posisi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya