Ranking FIFA Timnas Indonesia Mulai Bidik Vietnam, Selamat Tinggal Malaysia

Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Hasil imbang kacamata Timnas Indonesia vs Australia di matchday 2 Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 terasa manis. Sebab, ranking FIFA Skuad Garuda kini semakin meroket.

Momen Asnawi Mangkualam Ribut dengan Dimas Drajad di Depan Shin Tae-yong

Timnas Indonesia mulai mengejar posisi Vietnam di peringkat dunia. Tim Merah Putih sudah tidak lagi bersaing dengan Timnas Malaysia kali ini.

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Poin yang Dibutuhkan Timnas Indonesia untuk Kejar Vietnam di Ranking FIFA

Sebab, peluang Timnas Indonesia untuk kembali mendulang poin semakin besar. Tim besutan Shin Tae-yong itu sekarang berhasil menempati peringkat ke-130 dunia menurut Football Ranking.

Timnas Indonesia unggul dua tingkat di atas Malaysia yang sekarang berada di posisi ke-132. Sebelumnya kedua negara tetangga itu saling balap-balapan ranking FIFA.

Timnas Indonesia Naik Peringkat FIFA, Erick Thohir: Belum Cukup

Jay Idzes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Sekarang Timnas Indonesia mulai fokus bersaing mengejar Vietnam yang duduk di peringkat ke-117 dunia dan kedua di Asia Tenggara. Berbanding terbalik dengan Skuad Garuda, ranking FIFA The Golden Star-julukan Vietnam- justru semakin merosot. 

Belum lama mereka turun dua tingkat dari yang seharusnya di posisi ke-115 dunia. Sebelumnya lagi, Vietnam bahkan berada di peringkat 100 besar FIFA dan nomor wahid di ASEAN.

Kini, Timnas Indonesia punya ambisi untuk bisa menembus 100 besar ranking FIFA. Timnas Thailand sekarang duduk di posisi ke-99 dunia dan pertama di ASEAN.

Perolehan dua laga imbang di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi tolok ukur peluang Timnas Indonesia mencapai impian itu. Kemampuan Marselino Ferdinan dan kolega menahan imbang Timnas Australia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Selasa 10 September 2024 diharapkan bisa jadi pelecut semangat menatap laga berikutnya.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia merupakan tim dengan ranking FIFA terendah di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim yang diarsiteki Shin Tae-yong itu bersaing dengan Arab Saudi, Australia, China, Bahrain, dan Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya