Sepakbola Australia di Mata Shin Tae-yong

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia melakoni pertandingan kedua Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Timnas Australia. Duel ini dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa 10 September 2024.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Shin Tae-yong tidak asing dengan sepakbola Australia. Karena ketika menjadi pemain, dia pernah menjadi bagian dari Brisbane Roar. Di klub itulah dia juga memutuskan pensiun sebagai pemain.

Karier kepelatihan juru taktik asal Korea Selatan itu juga dimulai dari Australia. Mulai dari Juli 2005 hingga Juni 2008, Shin Tae-yong menjadi asisten pelatih di Brisbane Roar.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Ketika itu Australia masih tergabung dalam zona Oceania. Shin Tae-yong mengatakan, gaya bermain sepakbola di sana masih kental pengaruh Inggris yang mengutamakan fisikal.

Duel Timnas Australia vs Bahrain

Photo :
  • Dave Hunt/AAP Image via AP
Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

Baru setelah Timnas Australia bergabung ke zona Asia (AFC) perkembangannya semakin ke arah positif. Di mana terlihat gaya bermain fisikal dipadukan dengan skill yang mumpuni.

"Sepakbola Australia semakin baik karena di Oceania, saingannya hanya Selandia Baru. Di Asia ada Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Jepang," kata Shin Tae-yong.

"Dulu sepakbola Australia lebih cenderung sepakbola fisik karena pengaruh Inggris. Sekarang ada skill yang baik dan sepakbola Australia semakin baik secara fisikal dan skill," imbuhnya.

Secara ranking FIFA, Australia juga ada di papan atas negara Asia. Mereka menempati urutan ke-24. Sementara Indonesia ada di posisi ke-133.

Dari ranking FIFA itulah kemudian Shin Tae-yong menganggap kelas Australia masih ada di atas Indonesia. Tapi dia mengatakan, peluang untuk memberi kejutan masih ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya