Timnas Indonesia Catatkan Fakta Mengejutkan di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol
Sumber :
  • instagram/rizkyridho

Jeddah, VIVA – Timnas Indonesia ternyata punya fakta mengejutkan di babak ketiga (round 3) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim asuhan Shin Tae yong itu pun digadang-gadang bakal menjadi kuda hitam di Grup C yang dihuni oleh Arab Saudi, Australia, Jepang, Bahrain, dan China.

Kritik Lengkap Rocky Gerung Terhadap Program Naturalisasi Timnas Indonesia

Faktanya, Timnas Indonesia menjadi satu-satunya kontestan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang melangkah dari babak pertama (round 1). Tidak hanya itu, Skuad Garuda juga merupakan wakil tunggal tim Asia Tenggara di tahap tersebut.

Timnas Indonesia setelah menahan imbang Arab Saudi

Photo :
  • Instagram/ Maarten Paes
Rocky Gerung: Naturalisasi Timnas Indonesia Semacam Penipuan Terhadap Sensasi

Tim-tim seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam, yang langsung dapat kesempatan langsung melenggang ke babak kedua (round 2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 justru berguguran. Kini, Timnas Indonesia pun menjadi kontestan dengan peringkat terendah di tahap ketiga kualifikasi tersebut setelah Kuwait, 131 berbanding 136.

Perjalanan Skuad Garuda menembus putaran final Piala Dunia 2026 lebih panjang dari tim-tim lainnya. Di babak pertama, mereka menghadapi Brunei Darussalam dengan hasil kemenangan telak 12-0 dalam dua leg.

Dugaan Paspor Ganda Pemain Timnas Indonesia, Yunus Nusi: Berhentilah Bahas Isu Murahan Ini

timnas indonesia

Photo :
  • istimewa

Di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Marselino Ferdinan dan kolega pun berhasil melangkah lebih jauh dengan status runner up bersama Irak sebagai juara grup.

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 masih terbuka lebar. Meski bersaing dengan tim-tim raksasa di Grup C, tetapi Skuad Garuda masih mungkin untuk mewujudkan asa tersebut. Caranya, Timnas Indonesia setidaknya harus konsisten berada di peringkat ketiga atau keempat grup.

Sebab posisi itu bisa membawa Tim Merah Putih kembali mendapat kesempatan di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara juara dan runner up grup langsung dipastikan lolos putaran final.

Di laga pertama mereka, Timnas Indonesia berhasil memetik hasil imbang 1-1 melawan Arab Saudi sebagai tim tamu pada Jumat 6 September 2024 dini hari WIB. Selanjutnya mereka akan menjamu Timnas Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa 10 September 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya