Kunci Sukses Timnas Indonesia Versi Shin Tae-yong

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol
Sumber :
  • instagram/rizkyridho

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Timnas Arab Saudi dalam pertandingan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Bermain di King Abdullah Sports City, Jumat dini hari WIB 6 September 2024, hasil akhirnya imbang 1-1.

Dugaan Paspor Ganda Pemain Timnas Indonesia, Yunus Nusi: Berhentilah Bahas Isu Murahan Ini

Timnas Indonesia memberi kejutan kepada Timnas Arab Saudi. Ketika pertandingan memasuki menit 19, Ragnar Oratmangoen tercatat mencetak gol pembuka Skuad Garuda.

Tertinggal satu gol membuat para pemain Arab Saudi berupaya meningkatkan intensitas serangan. Ketika injury time babak pertama memasuki menit ketiga, Musab Fahz Aljuwayr menyamakan kedudukan.

Ragnar Oratmangoen Bersaing dengan Minamino dan Son Heung Min

Indonesia tidak diunggulkan dalam pertandingan ini. Karena selain main di markas lawan, secara level sepakbola, memang Arab Saudi ada di atas.

Timnas Indonesia setelah menahan imbang Arab Saudi

Photo :
  • Instagram/ Maarten Paes
Momen Timnas Indonesia Dihancurkan Bahrain 10-0

Namun seiring banyaknya pemain naturalisasi yang datang, kekuatan sepakbola Indonesia meningkat. Pelatih Shin Tae-yong bisa membawa anak asuhnya bersaing dengan tim yang ada di atas.

Shin Tae-yong mengatakan, salah satu kunci sukses Indonesia bisa membawa pulang satu angka dari lawatan ke markas Arab Saudi adalah kerja keras tim. Para pemain berkomitmen untuk tampil habis-habisan.

"Salah satu alasan kami berhasil mendapatkan hasil imbang ini adalah karena kontribusi dari seluruh tim," kata juru taktik asal Korea Selatan itu, dikutip dari laman resmi AFC.

Shin Tae-yong menjelaskan bagaimana para pemain lini depan yang ikut membantu area pertahanan. Cuaca panas yang menguras fisik para pemain seperti bisa dilawan.

Tak dipungkiri olehnya, cuaca panas menjadi kendala bagi kedua tim. Tapi melihat bagaimana anak asuhnya berjuang di atas lapangan, dia merasa sangat bangga.

"Para penyerang saya juga mundur untuk bertahan dan secara keseluruhan, itu adalah penampilan yang solid," tutur Shin Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya