Timnas Indonesia Curi Poin di Arab Saudi Jadi Tanda Prediksi Gus Dur Segera Terwujud?

Gus Dur
Sumber :
  • vstory

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia berhasil mencuri poin di Arab Saudi pada laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pencapaian ini tampaknya menjadi tanda prediksi mantan Presiden Indonesia, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, segera terwujud.

Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sukses bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi. Pertandingan itu digelar pada Jumat 6 September 2024 dini hari WIB di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah.

Timnas Indonesia setelah menahan imbang Arab Saudi

Photo :
  • Instagram/ Maarten Paes
Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Hasil itu pun semakin membuka peluang Timnas Indonesia untuk melangkah lebih jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Harapan Skuad Garuda lolos ke putaran final turnamen paling bergengsi sedunia tersebut juga kian besar.

Ini menjadi indikasi prediksi Gus Dur tentang perjalanan Timnas Indonesia ke Piala Dunia bisa segera terwujud. Sebelumnya, Presiden Indonesia keempat itu sempat berbicara soal sepakbola di Tanah Air.

Fakta Menarik, Ayah Sandy Walsh Adalah Seorang Pelatih

Gus Dur juga sempat mengatakan nasib Timnas Indonesia di kancah Piala Dunia. Momen itu terjadi pada 2006 silam saat tokoh Nahdlatul Ulama (NU) tersebut tengah berbincang dalam sebuah wawancara. Mulanya Gus Dur ditanya seputar Piala Dunia 2006 tentang tim mana yang akan lolos ke final.

Gus Dur

Photo :
  • vstory

Kemudian dia menjawab pertanyaan tentang peluang Timnas Indonesia lolos Piala Dunia. Menurutnya, Skuad Garuda punya potensi lolos jika Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) terorganisir dengan baik dan para pemain ditempa lebih keras.

Tanda-tanda itu pun kini mulai terasa nyata. Banyak penggemar sepakat bahwa Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, berhasil membawa banyak perbaikan untuk sepakbola Indonesia. Di lain sisi, kualitas pelatih dan para pemain Timnas Indonesia juga patut diacungi jempol.

Shin Tae-yong selaku juru taktik Skuad Garuda saat ini mampu memberikan perubahan. Pria asal Korea Selatan itu dikenal keras dalam menempa anak didiknya seperti yang disarankan Gus Dur.

Berdasarkan ucapan Gus Dur pada 2006 lalu, Timnas Indonesia disebut butuh waktu lama untuk bisa lolos ke Piala Dunia. Ada perkiraan sekitar 20 tahun lagi sejak wawancara itu digelar. Prediksi itu pun mulai terasa di era sekarang. 

“Wah, masih lama,” ujar Gus Dur ketika ditanya peluang Timnas Indonesia lolos Piala Dunia, mengutip dari NU Online.

"Berapa tahun lagi Gus, 20 tahun lagi?" tanya sang presenter.

“Ya lama sekali, pokoknya masih lama. Ya gimana lagi, lha PSSI-nya kayak gitu. Gimana persepakbolaan kita mau maju. Gitu aja kok repot," tukas Gus Dur kemudian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya