Selamat Tinggal Malaysia, Timnas Indonesia Menuju 100 Besar Ranking FIFA

Pemain Timnas Indonesia (Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, Rafael Struick)
Sumber :
  • PSSI

Jeddah, VIVA – Misi Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia tembus 100 besar ranking FIFA bukan hal yang mustahil kali ini. Harapan itu mulai terasa semakin nyata seiring dengan hasil laga melawan Timnas Arab Saudi pada awal laga Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kiper Timnas Indonesia Kartu Merah, Borneo FC Gagal Tumbangkan PSS

Timnas Indonesia berhasil menahan imbang 1-1 Arab Saudi dengan status sebagai tim tandang. Pertemuan itu berlangsung pada Jumat 6 September 2024 dini hari WIB di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah.

Timnas Indonesia rayakan gol Ragnar Oratmangoen

Photo :
  • Instagram @timnasindonesia
Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Hasil tersebut praktis membuat ranking FIFA Timnas Indonesia melesat melampaui Malaysia. Maarten Paes dan kolega kedapatan poin sebanyak 6,88 meski hanya bermain imbang menurut Football Ranking.

Sebab, Timnas Indonesia berada jauh di bawah ranking FIFA Arab Saudi. Green Falcon-julukan Arab Saudi- berada di peringkat ke-56 dunia.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol

Photo :
  • instagram/rizkyridho

Kini,  ranking FIFA Timnas Indonesia naik dua tingkat ke-131. Sementara itu Malaysia berada di urutan ke-134 dunia.

Padahal sebelumnya Skuad Garuda sempat dilangkahi Harimau Malaya-julukan Malaysia- satu tingkat di posisi ke-134. Namun sekarang Timnas Indonesia sudah tidak lagi bersaing sengit dengan Skuad Negeri Jiran di ranking FIFA.

Mengingat Timnas Indonesia menjadi wakil tunggal Asia Tenggara yang bersaing di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim asuhan Shin Tae-yong itu bisa kebanjiran poin di momen tersebut.

Sebagai tim terendah di segi ranking, Timnas Indonesia diuntungkan. Skuad Garuda bakal tetap dapat poin andai bermain imbang.

Mereka selanjutnya akan berhadapan melawan Timnas Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa 10 September 2024 mendatang. Nanti tim kapten Jay Idzes itu juga akan berhadapan melawan Bahrain, China, dan Jepang di Grup C.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya