Shin Tae-yong Memilih Realistis

Shin Tae-yong dan Ragnar Oratmangoen
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Jakarta, VIVA – Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia memulai perjalanan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Lawan yang pertama akan dihadapi Skuad Garuda adalah Timnas Arab Saudi.

Terpopuler: Kecewa Atmosfer Stadion, Asnawi Mangkualam Ribut dengan Dimas Drajad

Timnas Indonesia akan melawat ke King Abdullah Sports City pada Jumat dini hari WIB 6 September 2024. Tidak mudah bagi anak asuh Shin Tae-yong untuk menjalani pertandingan ini karena kekuatan lawan di atas rata-rata Asia.

Selain Arab Saudi, akan ada Jepang, Australia, Bahrain, dan China yang akan jadi lawan Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Secara kekuatan, Skuad Garuda tak diunggulkan.

Pengakuan Jujur Pelatih Australia Usai Dipermalukan Timnas Indonesia

Shin Tae-yong sendiri memilih untuk realistis. Dia tak mau sesumbar bisa membawa Indonesia mengejutkan dalam babak ini. Target yang coba dia capai adalah membawa anak asuhnya ada di urutan ketiga atau keempat klasemen.

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Daftar 7 Pelatih yang Dipecat dan Mundur Usai Lawan Timnas Indonesia

"Grup ini adalah grup terberat di putaran ketiga, tapi kami tidak akan menyerah. Kami tidak mencari peringkat 1-2, tapi lebih realistis mengincar posisi 3-4," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengatakan itu bukannya tanpa alasan. Karena selama memegang Timnas Indonesia, perkembangan ke arah yang positif. Banyak pemain baru, termasuk naturalisasi yang menambah kekuatan tim.

"Saya bersyukur kami terus berkembang, tapi saya tidak bisa bilang kami akan sampai babak mana. Target personal saya ingin Indonesia bisa sampai hasil tertinggi, maksimal di level AFC walau tidak bisa sampai top dua Asia," tuturnya.

Shin Tae-yong juga mendapat kabar baik jelang pertandingan melawan Arab Saudi. Maarten Paes bisa dimainkan setelah proses perpindahan kewarganegaraannya terhambat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya