Cek Fakta: PSSI Riset Bakat Rafael Struick dari Football Manager

Rafael Struick, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta,VIVA – Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) sempat ramai diberitakan meriset bakat salah satu pemain keturunan Timnas Indonesia, Rafael Struick, dari game Football ManagerKabar tersebut ramai berembus di sosial media khususnya Instagram.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Berita mengenai proses pencarian bakat pemain keturunan Timnas Indonesia itu diedarkan dalam sebuah akun Instagram @olahbolacom dan @igv.indo berdasarkan pantauan VIVA.

Dalam narasi berita tersebut, PSSI yang diwakilkan oleh Hamdan Hamedan selaku utusan di bidang naturalisasi menyebut mendapat informasi Rafael Struick lewat Football Manager.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick

Photo :
  • Instagram: Rafael Struick

Sebagai pemain muda, Rafael Struick dikatakan masih minim informasi di internet. Saat proses riset, salah satu tim ahli Hamdan merokemendasikan Rafael dari Football Manager. Fenomena itu pun ramai di kalangan pencinta sepakbola Indonesia hingga saat ini.

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

Cek Fakta

Melihat hal tersebut, VIVA pun mencoba mengonfirmasi kebenaran kabar itu kepada narasumber terkait. Hamdan Hamedan pun menampik informasi itu.

Dia menegaskan telah mengetahui Rafael pertama kali dari temannya di Belanda. Dia kemudian melakukan cek fakta dengan cara masuk ke laman resmi klub striker muda Timnas Indonesia itu, ADO Den Haag.

Hamdan Hamedan

Photo :
  • Instagram @hamdan.hamedan

“Tidak,” jawab Hamdan saat ditanya kebenaran proses pencarian beberapa pemain keturunan Timnas Indonesia seperti Rafael Struick terbantukan lewat game Football Manager, Kamis 5 September 2024.

“Rafael itu saya dapat informasi pertama kali dari kawan saya di Belanda. Lalu saya fact check dengan masuk ke web ADO dan lainnya,” tegasnya kemudian.

Artinya, proses riset pencarian bakat pemain keturunan Timnas Indonesia khususnya Rafael Struick dijalani dengan langkah yang panjang. Selain itu, keputusan diambil atau tidaknya pemain keturunan tergantung pada kebutuhan sang pelatih, Shin Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya