Media Asing 'Ramal' Timnas Indonesia Bakal Kalah Telak dari Arab Saudi

Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jeddah, VIVA – Media asing, Sportskeeda prediksi Timnas Indonesia bakal menelan kekalahan dari Arab Saudi dalam matchday perdana Grup C, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Dalam laga yang berlangsung di King Abdullah Sports City, Jumat 6 Agustus 2024 pukul 01.00 WIB, mereka menilai Arab Saudi berada di atas angin.

Mereka memperkirakan anak asuh Roberto Mancini bakal mengalahkan Indonesia dengan skor telak 3-0.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Timnas Arab Saudi

Photo :
  • saff.com.sa

Prediksi ini diungkap lantaran Arab Saudi telah mengoleksi tiga trofi Piala Asia edisi 1984, 1988 dan 1996. Sementara Indonesia belum pernah sama sekali memenangkan kejuaraan tersebut.

Fakta Menarik, Ayah Sandy Walsh Adalah Seorang Pelatih

Catatan terbaik Indonesia di Piala Asia adalah lolos ke babak final dan menjadi runner-up pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Selain Piala Asia, Arab Saudi juga sudah beberapa kali tampil di enam edisi Piala Dunia yakni, 1994, 1998, 2002, 2006, 2018 dan 2022.

Pada Piala Dunia 2022 misalnya, Arab Saudi berhasil menggilas Timnas Argentina dengan skor 2-1 di Lusail Iconic Stadium, Lusail Selasa, 22 November 2022 lalu.

Sebaliknyam anak-anak asuh Shin Tae yong jadi satu-satunya tim perwakilan Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia dengan status tim kuda hitam, atau dalam kata lain tim yang tak diunggulkan, tapi mampu membuat kejutan.

Lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia merupakan satu prestasi mentereng Timnas Indonesia di masa kepelatihan Shin Tae-yong, setelah sebelumnya langkah Skuad Garuda selalu mentok di putaran kedua.

Timnas Indonesia Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Secara ranking FIFA, Timnas Indonesia juga jauh berada di bawah Arab Saudi. Berada di posisi 133, sementara Arab Saudi nangkring di posisi 56.

Selain itu,Arab Saudi juga memiliki catatan baik saat bertemu Timnas Indonesia. Dari 14 kali pertemuan, Tim Merah Putih kalah 11 kali dan tiga kali hasil imbang.

Saat melawan Arab Saudi, gawang Indonesia sudah kebobolan 37 gol. Adapun Indonesia hanya mampu mencetak enam gol ke gawang Green Falcon.

Pertemuan kedua tim pertama kali terjadi saat turnamen Kualifikasi Olimpiade 1984. Saat itu Indonesia mempu menahan imbang Arab Saudi dengan sor 1-1.

Adapun pertemuan terakhir kedua kesebelasan terjadi pada Kualifikasi Piala Asia 2015. Kala itu indonesia keok dengan skor 0-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya