Antisipasi Shin Tae-yong untuk Pemain Timnas Indonesia

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Shin Tae yong punya saran yang harus segera diantisipasi oleh para pemain Timnas Indonesia. Hal ini berkaca dari pengalaman pelatih asal Korea Selatan itu menukangi Skuad Garuda selama kurang lebih empat tahun.

Menkumham Buka Suara terkait Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diduga Berpaspor Ganda

Menurutnya, para pemain Indonesia memiliki kualitas dan skill yang bagus. Namun sayangnya rata-rata pesepakbola Tanah Air hanya bertahan selama kurang lebih lima tahun dalam mempertahankan konsistensi performa masing-masing di lapangan.

Marselino Ferdinan dan Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI
Pengakuan Mees Hilgers Pilih Timnas Indonesia Daripada Belanda 

Shin melihat banyak penampilan pemain Indonesia yang langsung anjlok setelah lebih dari lima tahun berkarier. Hal ini yang kemudian digarisbawahi oleh bapak dua anak tersebut. 

“Para pemain Indonesia punya kualitas yang bagus dan punya skill yang hebat. Hanya saja mereka tidak bisa mempertahankannya cukup lama. Rata-rata hanya sekitar lima tahun, setelah itu mengalami penurunan. Saya melihat banyak pemain seperti itu,” ungkapnya dalam wawancara di kanal Youtube Timnas Indonesia, Rabu 4 September 2024.

Main di GBK, Segini Harga Tiket Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia

Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Oleh karena itu, Shin menegaskan persoalan itu harus segera diantisipasi. Baginya, para pemain minimal bisa konsisten menjaga performa mereka di lapangan selama 10 tahun.

“Sekarang sesuatu itu perlu diantisipasi. Pemain minimal harus punya kualitas yang sama selama 10 tahun,” sambungnya.

Tak heran jika dalam rentetan pemain yang dipanggil Shin Tae-yong di Timnas Indonesia kerap kali berubah. Pria yang saat ini berusia 53 tahun itu juga gemar mengubah taktiknya dalam pertandingan.

Dalam komposisi skuad Timnas Indonesia untuk babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin juga tidak memanggil beberapa pemain yang sebelumnya jadi andalan. Alasannya karena satu dan lain hal sesuai penilaian dari sang pelatih itu sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya