Meski Lolos ke Semifinal PON 2024, Tim Futsal Putri Sumut Dibantai DKI Jakarta 0-11 di Fase Grup

Tim Futsal Putri Sumut saat berlaga melawan DKI Jakarta di fase grup PON 2024 Aceh-Medan.(dok PON 2024 Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA  – Tim Futsal Putri Sumatera Utara (Sumut), harus mengakui ketangguhan dari DKI Jakarta, dalam laga terakhir di fase grup dibantai dengan skor 0-11, pertandingan yang berlangsung di GOR Futsal Dispora Sumut, di Jalan William Iskandar, Kabupaten Deli Serdang, Rabu 4 September 2024.

Produk Binaan AMANAH Ikut Meriahkan PON 2024

Dalam laga sebelumnya, di cabang olahraga (Cabor) Futsal di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Tim Futsal Putri Sumut berhasil melaju ke semifinal, usai pertandingan dan menang melawan Papua Pegunungan, dengan skor 4-3, Selasa, 3 September 2024.

Asisten Pelatih Tim Futsal Putri Sumut Hafiz Abdillah Harahap mengatakan usai kalah telak melawan DKI Jakarta, menjadi pelajaran berarti bagi anak asuhnya. Pasti ada, catatan dan evaluasi dilakukan terhadap tim Futsal Putri Sumut ini.

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut, Warganet: Perih!

“Ini pelajaran buat kami. Kami akan banyak belajar dari pertandingan ini,” ucap Hafiz, kepada wartawan, usai pertandingan.

Hafiz mengungkapkan bahwa satu di antara pelajaran yang barangkali didapat adalah bagaimana menjaga konsentrasi. Dan ini sedikit banyak berkaitan dengan mental juga. DKI Jakarta memang tim bertabur bintang. Sejumlah pemain mengisi skuat Tim Nasional Indonesia.

PB PON Aceh Buka Suara Usai Diprotes Atlet Soal Konsumsi

Beberapa juga sempat dan masih mencicipi atmosfer liga profesional futsal Indonesia. Di lain sisi, rata-rata pemain Sumut masih berstatus amatir.

Menyikapi hal itu, Hafiz mengatakan bukan alasan harus takluk dalam laga ini. Dalam laga selanjutnya di semi final, akan terus berjuang dan bertarung dengan menampilkan permainan yang terbaik.

“Memang kalau kita lihat mereka (DKI Jakarta) banyak diisi pemain timnas dan pemain Liga Pro. Namun saya kira itu bukan jadi suatu alasan bagi kami. Ke depan kami akan banyak belajar lagi,” kata Hafiz.

Dari pertandingan ini, Hafiz menjelaskan ada beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki pada laga mendatang. Baik segi fisik, mental hingga strategi tim Futsal Putri Sumut  ini. Ia menambahkan anak-anak Sumut akan all out pada laga semi final.

“Seperti beberapa planning yang tidak berjalan dengan baik. Termasuk masalah teknik berjalan di luar yang sudah kita bangun. Satu lagi ada pemain kunci kami yang tidak turun pada laga hari ini,” kata Hafiz. 

Di fase empat besar Sumut akan berhadapan dengan tim kuat lainnya yaitu Jawa Barat (Jabar). Menurut Hafiz, pihaknya sudah menganalisa kekuatan dan sisi-sisi teknis permainan Jabar, dan melihat Sumut masih memiliki potensi untuk menang.

“Kami akan siapkan seperti apa komposisinya nanti. Yang jelas, kita sudah di semi final, selangkah lagi menuju partai puncak. Kita akan bermain habis-habisan,” jelas Hafiz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya