Maarten Paes Pamer Bahasa Kediri, Siap Bentengi Gawang Timnas Indonesia

Maarten Paes
Sumber :
  • @timnasindonesia

Jeddah, VIVA – Kehadiran Maarten Paes di skuad Timnas Indonesia semakin memperkuat lini pertahanan Garuda. Kiper naturalisasi asal Belanda ini tak hanya membawa kemampuan teknis yang mumpuni, tetapi juga semangat nasionalisme yang tinggi.

Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Hal ini terlihat dari ungkapan kebanggaannya terhadap darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya, khususnya asal-usulnya dari Kediri.

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi Timnas Indonesia, Paes dengan bangga menjawab pertanyaan tentang asal-usulnya.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Ketika ditanya dari mana ia berasal, Paes dengan tegas menjawab, "Kediri!" Tak hanya itu, ia juga menunjukkan pemahamannya terhadap bahasa daerah dengan menjawab "Peh" saat ditanya tentang kata-kata khas Kediri.

Maarten Paes

Photo :
  • AP Photo/LM Otero
Fakta Menarik, Ayah Sandy Walsh Adalah Seorang Pelatih

"Peh" merupakan ungkapan khas masyarakat Kediri yang sering digunakan untuk mengekspresikan berbagai emosi, seperti terkejut atau kagum.

Kemampuan Paes dalam menggunakan bahasa daerah ini menunjukkan bahwa ia telah melakukan riset dan berusaha untuk lebih memahami budaya Indonesia, khususnya budaya Kediri.

Sebelumnya, Paes pernah menceritakan kisah neneknya yang berasal dari Kediri melalui kanal YouTube FC Dallas. Neneknya diketahui pernah tinggal di Kediri sebelum akhirnya kembali ke Belanda karena Perang Dunia II. Meski demikian, kenangan indah tentang masa kecilnya di Indonesia selalu terkenang dalam hati sang nenek.

Sebagai informasi, proses naturalisasi Maarten Paes telah selesai sejak April 2024 lalu. Namun, ada beberapa prosedur administratif yang harus dilalui di level FIFA sebelum ia dapat secara resmi memperkuat Timnas Indonesia.

"AFC mengatakan bahwa kita harus mendaftarkan pemain untuk match pertama pada tanggal 5 Agustus 2024, sementara, kemarin, prosesnya baru selesai 18 Agustus. Jadi, Maarten Paes belum bisa main untuk melawan Arab Saudi," kata Arya, dalam siniar BebAS di kanal youtubenya.

Kiper Dallas FC (klub Amerika Serikat MLS) Maarten Paes

Photo :
  • X: @idextratime

Meski sempat terkendala dalam pertandingan melawan Arab Saudi, Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga mengatakan bahwa Paes dipastikan akan siap beraksi saat Indonesia menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Karno.

"Peraturan AFC berikutnya, untuk match kedua sampai match kesepuluh, pendaftaran pemain tujuh hari sebelum pertandingan. Kita kan lawan Australia tanggal 10 September, berarti batasnya tanggal 3 September. Jadi, Maarten Paes sudah didaftarkan dan sudah bisa main lawan Australia," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya