Media Asing Beri Julukan Spesial untuk Jay Idzes

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes
Sumber :
  • Situs Resmi PSSI

Jakarta, VIVA – Bek keturunan Timnas Indonesia, Jay Idzes, mendapat julukan khusus dari media asing. Hal ini seiring dengan pencapaiannya sebagai pemain aktif Timnas Indonesia pertama yang debut di Serie A 2024-2025.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Pemain berusia 24 tahun itu dipercaya sebagai starter untuk Venezia FC. Jay tampil selama 68 menit saat berhadapan melawan Fiorentina pada 25 Agustus 2024 lalu dengan skor akhir imbang kacamata.

Bek Timnas Indonesia dan Venezia, Jay Idzes

Photo :
  • Instagram/jayidzes
Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Jay Idzes pun dijuluki sebagai Kim Min-jae versi Indonesia. Label anyar itu datang dari media Korea Selatan, Sport Chosun yang menilai pencapaian Jay merupakan sejarah menakjubkan sebagai pemain Asia Tenggara pertama di Serie A.

Tidak hanya itu, sosok Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia juga turut dibawa-bawa. Dia berhasil memilih bek berkualitas yang disandingkan seperti Kim Min-jae.

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

Bek Venezia Jay Idzes

Photo :
  • Instagram @veneziafc

“Inilah keajaiban Shin Tae-yong, Kim Min-jae dari Indonesia menulis ‘sejarah gila’, pemain Asia Tenggara pertama yang resmi debut di Serie A,” tulis Sport Chosun, dipetik Rabu 4 September 2024.

Jay Idzes kembali mendapat kepercayaan tampil di kasta tertinggi Liga Italia tersebut. Dia bahkan bermain penuh saat Venezia berhadapan melawan Torino pada 30 Agustus 2024. Sayangnya pada laga tersebut Jay gagal membawa timnya menang usai dibekuk 0-1.

Meski demikian, penampilannya sebagai seorang bek dinilai cukup tangguh. Tak heran jika dirinya digadang-gadang mirip seperti Kim Min jae yang juga merupakan bek andalan Bayern Munich hingga saat ini.

Kim Min-jae mampu menyumbang satu gol dan dua assist dari 39 penampilannya sejauh ini di semua kompetisi. Bek Timnas Korea Selatan itu sendiri resmi direkrut raksasa Liga Jerman tersebut sejak Juli 2023 lalu dari SSC Napoli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya