Gol Penalti Selamatkan Tim PON Sumut dari Kekalahan Lawan

Pemain Tim PON Sumut berusaha merebut bola dari pemain Sulbar. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Banda Aceh, VIVA – Kesebelasan Sumatera Utara (Sumut) harus puas bermain imbang melawan Sulawesi Barat (Sulbar) dengan skor 1-1 dalam laga cabor sepakbola putra Grup B Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang di gelar di Stadion Dimurthala Banda Aceh, Selasa, 3 September 2024.

Atlet Asal Sumsel Boyong Medali Emas di Cabor Atletik 110 Meter Gawang di PON 2024

Pertandingan perdana bagi tim PON Sumut tersebut berlangsung ketat. Mereka sempat kebobolan dengan gol cepat yang dicetak oleh pemain Sulbar bernama Muh Abdi Basri pada menit ke 4 dengan tendangan first time.

Lalu tim PON Sumut berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti yang dieksekusi dengan tenang oleh Fikri Arjidan pada menit 57.

Harris Horatius, Atlet Wushu Sumut Sukses Raih Medali Emas di PON 2024

Jalannya pertandingan

Sejak menit awal pertandingan Tim PON Sumut terus menggempur barisan pertahanan Sulbar. Umpan satu dua di peragakan oleh anak asuh M Ridwan Saragih.

Polri Bentuk Satgas Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI

Keasyikan menyerang di menit awal, pemain Sulbar menggunakan jersey kuning kuning mampu merebut bola dari kaki pemain Sumut dan langsung melakukan serangan balik cepat.

Irsan Candra yang melihat Muh Abdi Basri tidak terkawal di sisi kanan pertahanan Sumut, langsung memberikan umpan direct terukur dan langsung dieksekusi oleh Abdi dengan tendangan first time yang merobek sisi kiri atas gawang Sumut dan gol pun tercipta di menit ke 4.

Tertinggal 1-0 di menit awal, tim PON Sumut langsung meningkatkan intensitas serangan. Mereka mengurung pertahanan Sulbar sejak menit ke 5. Hanya saja beberapa peluang yang diciptakan pemain Sumut lewat tendangan dari luar kotak penalti tidak membuahkan hasil hingga peluit babak pertama berakhir dibunyikan.

Memasuki babak kedua tim PON Sumut langsung membombardir pertahanan Sulbar. Pergerakan Nico Fernando Sitepu yang sejak babak pertama merepotkan lini pertahanan lawan, dilanggar di dalam kotak penalti Sulbar di menit 54. Dan wasit Mustaqim lalu memberi hadiah penalti ke tim PON Sumut.

Tak ingin membuang peluang emas, Fikri Arjidan yang jadi algojo melesatkan tendangan mendatar ke sisi kanan yang tak mampu dijangkau oleh kiper Sulbar, Mursalin. Gol pun tercipta di menit ke 57 dan Sumut menyamakan kedudukan 1-1 atas Sulbar. Hingga peluit berakhirnya pertandingan skor tetap 1-1.

Pelatih Tim PON Sumut M. Ridwan Saragih mengaku anak asuhnya kurang beruntung dan minim penyelesaian akhir. Meski begitu, ia mengaku permainan timnya sudah baik dan sesuai game plan yang diterapkan.

“Anak-anak sudah bekerja keras, permainan bagus, tapi kita kurang beruntung dan banyak peluang yang sia-sia,” kata Ridwan usai pertandingan.

Sementara itu, Pelatih Tim PON Sulbar, Muh Irfan Rahman menyebut game plan permainan anak asuhnya sudah sesuai strategi termasuk gol cantik yang dilesatkan Abdi Basri yang bernomor punggung 7 melalui skema counter attack.

“Kami melakukan defensif dan mencari peluang untuk counter attack dan itu berhasil di menit awal. Artinya game plan berhasil diterapkan,” ujarnya.

Dengan hasil itu, Sulbar saat ini memperoleh poin 2 dengan dua kali imbang. Sementara Sumut baru memperoleh 1 poin dengan dan baru sekali bertanding. Adapun Group B di isi oleh Tim Pon Sulbar, Sumut, Jawa Tengah dan Papua Barat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya